Powered by Blogger.

Kemukjizatan Angka Al-Quran

Assalamu 'alaikum Wa Rahmatullahi wa Barakatuh !!

Sobat-sobat Muslim
kita semua meyakini bahwa Al-quran adalah mukjizat bagi Nabi terhebat, Muhaammad SAW, keseluruhan dalam Al-Quran adalah mukjizat baik isi kandungannya yang tengah ramai diperbincangkan, terutama kesesuaiannya dengan fakta ilmiah, dan hukum kehidupan manusia ...

Banyak Fakta Ilmiah yang akhirnya terungkap oleh kebenaran AL-Quran sehingga membuat para ilmuan memilih Islam sebagai agama mereka, Seperti halnya fakta ilmiah dalam Ilmu Kedokteran, Biologi, Fisika, Astronomi dan lain sebagainya

disamping itu al-quran juga mukjizat dari segi lafadz kebahsaannya, tak ada bentuk sastra yang dapat menandingi keindahan Al-Quran, begitu juga dengan sistematika penyusunannya, salah satunya adalah yang berhubungan dengan angka .....

ya Angka, bagaimana bisa ? kenapa tidak, kita meyakini DIA-lah yang berfirman dalam Al-Quran adalah Tuhan yang Maha Sempurna, tidak heran jika segala seuatu yang berhubungan dengan angka dan bilangan dalam Al-Quran merupakan Mukjizat sempurna tanpa celah yang berhubungan dengan kehidupan alam semesta.

penasaran? ok, silakan dapatkan saja e-Booknya melalui link berikut :
Kemukjizatan Angka Al-Quran

Semoga Bermanfaat !!
Wassalamu 'alaikum !!

Tahajjud & Witir Rasulullah Muhammad SAW

Assalamu 'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh !!

sobat-sobat Muslim !!
berbicara soal shalat tahajjud, seakan terdengar " UUUWWWWAAHH binti WWOOOOOWWW " di telinga kita, kita sering kali mendengar bahwa shalat tahajjud hanya milik orang-orang yang shaleh, alim, rajin beribadah, kental keagamaannya, dekat dengan Tuhan ....bla bla bla ......

tidak mengherankna jika demikian, mengingat hanya sedikit diantara kita yang mau bangun di malam hari, di saat sedang enak-enaknya tidur, di malam dingin, tidak heran jika kita berpikiran hanya mereka yang bersemangat dalam agamanya, dalam merayu dan mencari cinta dan perhatian Tuhan .....

lalu bagaimana dengan kita? tak maukah kita untuk sekedar meluangkan waktu lebih untuk Dzat yang telah memberi kita segalanya, kehidupan, nikmat, cinta kasih bahkan perhatian ?
lalu bagi yang sudah biasa melakukannya, sudah benarkah apa yang dilakukan, apa saja yang perlu diperhatikan? apa hikmahnya? Bagaimana Baginda NABI MUHAMMAD SAW bertahajjud dan berwitir ?

ingin tahu lebih banyak? silakan dapatkan e-booknya melalui link berikut :

Tahajjud & Witir Rasulullah Muhammad SAW

Ok ? semoga Bermanfaat !!
Wassalamu 'alaikum !!

Percakapan Hiwar bahasa Arab (pohon dan bunga)

Kosakata (المفردات)


Pohon beringin شَجَرَةُ التِّيْنِ البِنْغَالِي Bunga mawar وَرْدَةٌ

Pohon jati خَشَبُ السَّاجِ Bunga tulip زُهْرَةُ تِيُوْلِيْبٍ

Pohon cemara الأّثْلُ Bunga melati زَهْرَةُ الْفُلِّ

Paku نَبَاتٌ Bunga teratai بَشْنِيْن

Bunga aster اللُّؤْلُئِيَّةُ الصُّغْرَى Lumut أُشْنَةٌ

Bunga bakung زَنْبَقَةٌ Rumput عُشْبٌ

Bunga delima رَعْثُ الرُّمَّانِ Rumput laut حَشِيْشَةُ الْبَحْرِ

Bunga matahari دَوَّارُ الشَّمْسِ Tembakau دُخَانٌ

Jinten كَمُّوْنٌ Kaktus صُبَارٌ


Percakapan (الحوار)

محمد : يا أحمد، هذه ياسمين اركز هذه في بستاننا من فضلك

الخادم : السمع والطاعة

محمد : واسق أيضا الوردة وتيوليب، واقلع الدرين (ما بلي من العشب) الذي حولها، ونظف بستاننا من الأوراق اليابسة الساقطة من تلك شجرة التين البنغالي

الخادم : نعم، ألا وإنه من واجباتي

محمد : ولا تنس أيضا أن تذهب إلى السوق واشتر لأزهارنا السباخ

الخادم : نعم، الأمر مطاع

’Muhammad : Ahmad, ini bunga melati, tolong tanam di kebun kita

Ahmad (Pembantu) : Baik, Pak

Muhammad : Oh ya, mawar dan bunga tulipnya tolong juga di siram ya, rumput rusakya yang sudah kering dicabuti, daun kering yang jatuh dari pohon beringin itu juga dipersihkan

Ahmad : Baik pak, itu sudah pekerjaan saya

Muhammad : dan jangan lupa ke pasar, beli pupuk untuk bunga-bunga kita

Ahmad : Baik pak, saya laksanakan

Percakapan Hiwar bahasa Arab (Buah-buahan)

Kosakata (المفردت)


Alpukat أَفُوْكَةَ Stroberi فَرَاوِلَةٌ

Nanas أَنَانَاسٌ Anggur عِنَبٌ

Nangka نَنْجَكَ Pepaya/Kates بَابَايَا

Pisang مَوْزٌ Kelapa نَارَجِيْلٌ

Jambu air جَوَّافَةٌ Jeruk بُرْتُقَالٌ

Semangka بِطِّيْخٌ Apel تُفَّاحٌ

Melon تَاوُوْنٌ Mangga مَنْجَا

Belimbing فَاكِهَةٌ نَجْمِيَّةٌ Manggis مَنْجِسٌ

Rambutan أَبُوْ شَعْرٍ Kurma تَمْرٌ

Tomat طَمَاطِيْمٌ Durian أَبُوْ شَوْقٍ

Waluh قَرْعٌ Pir كُمِثْرَى

Delima رُمَّانٌ Persik خَوْخٌ

The شَايٌ Kopi بُنٌّ

Ceri كَرَزَةٌ Jambu biji قَوَافَةٌ

Jeruk bali لَيْمُوْنٌ كَبِيْرٌ Jeruk nipis لَيْمُوْنٌ حَامِضٌ

Lemon لَيْمُوْنٌ Cokelat شُكُولاَتَةٌ

Arbei تُوْتٌ افْرَنْجِيٌّ Buah limau ثَمَرُ الأُتْرُجِ

Kelapa sawit نَخِيْلُ الزَّيْتِ

Berbuah ثَمَرَ-يَثْمُرُ Panen حَصَدَ-يَحْصًدُ

Menanam زَرَعَ - يَزْرَعُ Layu ذَوَى – يَذوِي

Hidup عَاشَ - يَعِيْشُ Tumbuh نَبَتَ – يَنْبُتُ

Berkembang انْتَشَرَ – يَنْـَشِرُ Busuk فَسَدَ – يَفْسُدُ

Matang نَضَجَ – يَنْضُجُ


Percakapan(الحوار)

الأم : أرأيت أن شجرة المنجا في بستاننا قد أثمرت ونضجت أثمارها

الأب : نعم، رأيت أنها قد بدا صلاحها، نخرفها ونحصدها غدا إن شاء الله

الأم : نعم نحصدها غدا قبل أن تعفن وتفسد فتمرط أثمارها

الأب : وكذا أشجار رمبوتان قد أدركت أثمارها وصلح أن نحصدها

الأم : فاستعر المصعد إذن من بعض جوارنا فنحصد

الأب : وأنت تعدين الجلال لنضع فيها حصائدنا

 

Ibu : ayah lihat tidak pohon mangga di kebun kita sepertinya sedang berbuah dan sudah matang

Ayah : ya, sepertinya memang sudah bisa di panen, kalau begitu kita panen besok

Ibu : ya, kita panen saja sebelum buah busuk dan berjatuhan

Ayah : pohon rambutannya juga sudah berbuah dan kita juga bisa memanennya

Ibu : kalo begitu, ayah cari pinjaman tangga di tetangga buat panen besok

Ayah : kalau ibu, siapkan keranjang buat hasil panen kita

Percakapan Hiwar Bahasa Arab (Perpustakaan)

Kosakata (المفردات)


Majalah مَجَلَّةٌ Mesin fotokopi آلَةُ التَّصْوِيْر


Komputer الحَاسُوْبُ Kartu anggota بِطَاقَةُ الأَعْضَاء


Pelajar طُلاَّبٌ Kursi كُرْسِيُّ


Buku tamu دَفْتَرُ الضُّيُوْف Pustakawan قَيِّمُ الْمَكْتَبَةِ


Buku telepon دَلِيْلُ الهَاتِفِ Rak buku رَفُّ الكِتَابِ


Buku diktat مُذَكِّرَةٌ Laci الدَّرْجُ


Buku pelajaran كَتُبُ التَّدْرِيْس Meja خِوَأنٌ / مَكْتَبٌ


Ensiklopedi مَوْسُوْعَةٌ Buku كُتُبٌ


Majalah akademik مَجَلَّةٌ أَكَادِيْمِيَّةٌ Majalah bergambar مَجَلَّةٌ مُصَوَّرَةٌ


Majalah kebudayaan مَجَلَّةٌ ثَقَافِيَّةٌ Majalah humor مَجَلَّةٌ هَزْلِيَّةٌ


Majalah pendidikan مَجَلَّةٌ تَرْبَوِيَّةٌ Majalah olahraga مَجَلَّةٌ رِيَاضِيَّةٌ


Majalah politik مَجَلَّةٌ سِيَاسِيَّةٌ Majalah ekonomi مَجَلَّةٌ اِقْتِصَادِيَّةٌ


Komik قِصَّةٌ صُوْرِيَّةٌ Novel رِوَايَةٌ خَيَالِيَّةٌ


Koran جَرِيْدَةٌ Kamus مَعْجَمٌ


Kalender رُزْنَامَةٌ Atlas مُصَوَّرٌ جُغْرَافِيٌّ


Peta خَرِيْطَةٌ Globe كُرَةٌ أَرْضِيَّةٌ


Resepsionis مُرَحِّبٌ Kertas قِرْطَسٌ


Penggaris مِسْطَرَةٌ Pulpen قَلَمٌ


Alat pelubang kertas خَرَّامَةٌ


Membaca قَرَأَ - يَقْرَأُ Mengembalikan رَدَّ - يَرُدُّ


Meletakkan وَضَعَ – يَضَعُ – ضَعْ Belajar دَرَسَ - يَدْرُسُ


Menulis كَتَبَ - يَكْتُبُ


Meminjam اسْتَعَارَ - يَسْتَعِيْرُ




Percakapan(الحوار)

عبد الله : السلام عليكم، صباح الخير

أمين المكتبة : وعليكم السلام، صباح النور، أي خدمة ؟

عبد الله : أتمنى أن أستعير هذا الكتاب وأرد الكتاب الذي استعرته

أمين المكتبة : هل لديك بطاقة الاستعارة ؟

عبد الله : نعم، هذه هي بطاقتي

أمين المكتبة : عذرا أيها السيد، ألم تر أنك متأخر في رد الكتاب المستعار بثلاثة أيام ؟

عبد الله : عفوا، فماذا أصنع به ؟

أمين المكتبة : يلزم عليك الأرش أيها السيد

عبد الله : كم روبية تجب علي ؟

أمين المكتبة : ألف روبية فحسب، وأي الكتاب الذي تريد استعاره ؟

عبد الله : الكواكب الدرية في علم النحو

أمين المكتبة : الكتب النحوية لا يؤذن لأحد استعارها

عبد الله : وإن كان ذلك، فأقرأه هذا الكتاب في داخل المكتبة

أمين المكتبة : نرجو منك العفو، وشكرا 


Abdullah : Assalamu ‘alaikum, Selamat pagi

Penjaga : Wa ‘alaikumus salam, Selamat pagi bapak, ada yang bisa saya bantu?


Abdullah : ya, saya mau pinjam buku, dan mengembalikan buku yang saya pinjam


Penjaga : o ya bapak, bapak punya kartu peminjaman ?


Abdullah : ya, ini kartunya


Penjaga : maaf bapak, anda terlambat 3 hari dalam untuk mengembalikan buku pinjaman anda


Abdullah : oh maaf, jadi apa yang harus saya lakukan?


Penjaga : bapak terkena beban denda


Abdullah : berapa yang harus saya bayar


Penjaga : 1000 saja bapak, jadi bapak mau pinjam buku apa?


Abdullah : buku nahwu, Al-Kawakib Ad-Durriyyah


Penjaga : maaf bapak, untuk buka nahwu, tidak diperkenankan untuk dipinjam


Abdullah : kalo begitu, say abaca di sini saja


Penjaga : kami maaf bapak, dan terima kasih

Percakapan Hiwar Bahasa Arab (Sayur)

Kosakata (المفردات)

Cengkeh قُرْنَفْلٌ Kubis كَرَنْبٌ

Bunga kol الحَاسُوْبُ Terong بَادِنْجَان

Kapri بَازِلاَءٌ Wortel جَزَرٌ

Jahe زَنْجَبِيْلٌ Cabe ذُرَّةٌ

Seledri كُرْفَسٌ Kentang بِسْبَاسٌ

Padi رُزٌّ Jagung ذُرَّةٌ

Lobak فُجْلٌ Mentimun خِيَأرٌ

Pala جَوْزُ الطِّيْبِ Brokoli قُرْنَبِيْطٌ

Kedelai فُوْلُ الصَّايَا Kacang tanah فُوْلٌ سُوْدَانِيٌ

Bawang putih ثَوْمٌ Sawi خَرْدَلٌ

Asam تَمْرٌ هِنْدِي Buncis فَاصُوْلِيَا

Kacang hijau دُجْرٌ Bawang merah بَصَلٌ

Kacang polong لُوْبَاءٌ Bayam اِسْبَانَجٌ

Jamur فَطْرَةٌ Bawang bakung كَرَّاثٌ

Kayu manis قِرْفَةٌ




Percakapan (الحوار)

الأم : آنسة، هل تشترين لي كرنبا وذرة وخيارا وخردلا وبصلا؟

آنسة : طبعا أماه، كم حزمة أشتريها لكل من تلك الخضروات ؟

الأم : هل تعرفين أم القاسم الخضارة التي تقع دكانها جانب مدرستك ؟

آنسة : نعم، عرفتها

الأم : يكفيك أن تطلبي منها ما أذكر لك من الخضروات،

آنسة : ألم تعيني قدر كل منها

الأم : لا، فإن فاهمة كم حزمة تطلبين منها لكل من الخضروات المطلوبة

أسرعي يا آنسة

آنسة : سمعا وطاعة


Ibu : Anisah, tolong belikan ibu kubis, jagung, timun, sawi dan bawang merah,

Anisah : Baik Bu, Berapa banyak yang harus saya beli?

Ibu : Kamu tahu Ibu Qasim penjual sayur yang tokonya di sebelah sekolahmu?

Anisah : ya, Anisah tahu.

Ibu : kamu cukup minta saja apa yang ibu sebutkan tadi

Anisah : apa tidak ibu sebutkan saja berapa banyak yang mau dibeli?

Ibu : tidak usah anisah, Ibu Qasim sudah paham berapa banyak, ayo cepat pergi sana !

Anisah : Baik Bu.

Percakapan Hiwar Bahasa Arab (Cuaca)

Kosakata (المفردات)


Terang صَحْوٌ Berawan غَامٌ

Mendung غَائِمَةٌ Panas حَارٌ

Kabut سَدِيْمٌ / ضَبَابٌ Dingin بَارِدٌ

Awan سَحَابٌ Lembab رَطْبٌ

Pelangi قَوْسُ قُرَحٍ Hangat دَافِئٌ

Matahari terbit اِنْسِبَاقُ الْفَجْرِ Hujan مَطَرٌ

Embun النَّدَى / الحَلِيتُ Berangin كَثِيْرُ الرِّيَاح

Kilat petir بَرْقٌ Berkabut كَثِيْرُ الضِّيَابِ

Badai بَرِّيَّةٌ Cerah صَافٌ

Udara جَوٌّ Angin puyuh هَوْجَاء

Musim Semi رَبِيْعٌ Musim Panas صَيْفٌ

Musim Dingin شِتَاءٌ Musim Gugur خَرِيْفٌ

Berputar دَارَ – يَدُوْرُ Menabrak صَدَمَ - يَصْدِمُ

Bersinar أَشْرَقَ – يُشْرِقُ

Terbenam غَابَ – يَغِيْبُ

Terbit طَلَعَ – يَطْلُعُ

Turun نَزَلَ – يَنْزُلُ

Berhembus هَبَّ – يَهُبُّ






Percakapan (الحوار)


أحمد : أماه، أذهب الآن إلى المدرسة

الأم : ألم تحمل معك البرطلة ؟ أخاف عليك من المطر فإن الريح تهب عاصة، والسماء تغيم

أحمد : ألا وإن المدرسة بقريبة من هنا؟ والسماء لما تمطر

الأم : ألم تطع ما أمرتك أمك ؟ هل تدري متى تمطر السماء؟ لعلك تمطر في أثناء سيرتك ؟

أحمد : سمعا وطاعة، اعفي عني يا أماه، السلام عليكم ورحمة الله

الأم : وعليكم السلام ورحمة الله 

Ahmad : Bu, Saya berangkat ke sekolah sekarang

Ibu : kamu gak bawa payung? ibu takut kamu kena hujan, karena angin sedang kencang, dan langitnya mendung

Ahmad : kan sekolah dekat dari sini bu, langitnya juga belum hujan

Ibu : kamu gak mau dengerin nasehat ibu? memangnya kamu tahu kapan hujan bisa turun, bisa saja turun ketika kamu ditengah perjalanan

Ahmad : baik bu, maafin saya, assalamu 'alaikum

Ibu : Wa 'alaikumus salam

Percakapan Hiwar Bahasa Arab (Kantor Pos)

Kosakata (المفردات)


Alamat العُنوَانُ Perangko الطَّابِعُ

Tujuan المُوَجَّهُ إِلَيْهِ Pena القَلَمُ

Pengiriman إِرْسَالٌ Peta خَرِيْطَةٌ

Pengirim المُرْسِلُ Stempel خَتَمٌ

Penerima المُرْسَلُ إِلَيْهِ Surat الرِّسَالَةُ

Paket الزُّوْمَةُ الْبَرِيْدِيَّةُ Kembali مَرْدُوْدَةٌ

Paket الطَّرْدُ Wessel حِوَالَةٌ

Surat kilat الرِّسَالَةُ الْعَاجِلَةُ Upah/ongkos الأُجْرَةُ / الأَجرُ

Surat biasa الرِّسَالَةُ الْعَادِيَةُ Pos udara الْبَرِيدُ الْجَوِيّ

Lem الصَّمْغُ / الْغِرَاءُ Amplop الظَّرْفُ / الْغِلاَفُ

Bebas biaya خَالِصُ الْأُجْرَةِ Barang-barang cetakan الْمَطْبُوْعَاتُ

Kartu ucapan selamat بِطَاقَةُ التَّهْنِئَةِ Kartu hari raya بِطَاقَةُ الْمُعَايَدَةِ

Kartu wesel وَرَقَةُ الْحِوَالَةِ Formulir الْإِسْتِمَارَةُ

Tabungan التَّوْفِيْرُ الْبَرِيْدِي Telegram الْبَرْقِيَةُ

Kotak pos صُنْدُوقُ البَرِيْدِ Kartu pos بطاقة بريد

Pak pos مُوَزِّعُ البَرِيدِ Cap pos خَتْمُ الْبَرِيدِ

Komputer الحَاسُوْب Mesin ketik آلةُ الْكَاتِبَة

Amplop غِلاَفٌ

Menerima اسْتَلَمَ – يَسْتَلِمُ – اسْتَلِمْ

Sampai وَصَلَ – يَصِلُ

Meletakkan وَضَعَ – يَضَعُ – ضَعْ

Mengirim أَرْسَلَ – يُرْسِلُ – أَرْسِلْ

Memberikan أَعْطَى – يُعْطِي – أَعطِ

Memasukkan أَدْخَلَ – يُدْخِلُ – أَدْخِلِ

Menghitung حَسُبَ – يَحْسُبُ – احْسُبْ

Menyampaikan/ Mengantarkan أَوْصَلَ – يُوْصِلُ – أَوْصِلْ


Percakapan (الحوار)

يتصل عبد الله بأبيه هاتفيا


عبد الله : آلو، السلام عليكم

الأب : وعليكم السلام، أي خدمة ؟

عبد الله : أنا ابنك يا أبت، عبد الله

الأب : على رزقك يا بني ؟

عبد الله : عندي فيك حاجة يا أبت

الأب : ما هو يا بني ؟ ستجدني في مكان الأب من ولده إن شاء الله

عبد الله : أبت، هلا تزيد على مصروف جيبي، فأشتري منه كتابا

الأب : طبعا، إن كان فيه الخير، فطبعا سوف أزيدك على ذلك.

عبد الله : عذرا يا أبتي، ولكني أحتاج إلى ذلك عاجلا

الأب : نعم، أذهب إلى مكتب البريد الآن لأرسل لك نقودا على سبيل الحوالة؟

عبد الله : هل عرفت كيفيته ؟

الأب : سوف أستشير من بعض الموظفين هناك، فربما يكفيني أن أكتب فيه العنوان الموجه إليه واسم مستسلمه،

عبد الله : ألم يحتاج ذلك إلى طابع البريد ؟

الأب : لا أدري. لا يشغلك ذلك يا بني، سوف يكون الأمر سهلا إن شاء الله

عبد الله : على كيفك يا أبت. أشكرك جزيل الشكر يا أبت



ِAbdullah sedang menelepon ayahnya

Abdullah : halo, Assalamu ‘alaikum

Ayah : wa alaikumus salam, ada yang bisa saya bantu?

Abdullah : ini saya Abdullah yah.

Ayah : oh, ada apa nak ?

Abdullah : yah, saya butuh bantuan ayah

Ayah : bantuan apa nak? in syaallah, ayah bantu sebagaimana mestinya jadi ayahmu

Abdullah : ayah bisa menambah uang sakuku? Nanti buat beli kitab yah

Ayah : pasti nak, kalo memang buat kebaikan, pasti ayah bantu,

Abdullah :tapi saya butuh cepat yah

Ayah :baik, kalau begitu ayah ke kantor pos sekarang saja, ayah kirim lewat wessel saja biar cepat

Abdullah : memangnya ayah tahu caranya

Ayah : ayah bisa minta arahan dari petugas disana, mungkin cukup mencantumkan alamat dan nama tujuan saja

Abdullah : apa tidak perlu perangko?

Ayah :ayah juga tidak tahu, tapi tenang saja, in syaallah gampang koq

Abdullah : baiklah kalau begitu, terserah ayah saja, terima kasih yah

Percakapan Hiwar Bahasa Arab dan Kosakata Mufradat (Warna)

Kosakata (المفردات)


Abu-abu رَمَادِيّ
Putih أَبْيَضُ

Hijau أَخْضَرُ
Merah muda أَحْمَرُ وَرْدِيُّ

Ungu بَنَفْسَجِي
Merah أَحْمَرُ

Hijau daun أَخْضَرُ زَرْعِيّ 
Hitam أَسْوَدُ

Hijau tua أَخْضَرُ غَامِق 
Biru أَزْرَقُ

Biru langit أَزْرَقُ سَمَوِيّ 
Orange/Jingga بُرْتُقَالِيّ

Biru laut أَزْرَقُ بَحْرِي
Kuning أَصْفَرُ

Biru muda أَزْرَقُ فَاتِح
Cokelat أَسْمَرُ

Biru tua أَزْرَقُ بَرُوْسِي
Kecoklatan بُنِيّ

percakapan (الحوار)


المدرس : أيها الطلبة، هل من أحد منكم يذكرني أسماء الألوان وأشياء تكون عليها الألوان المذكورة ؟


قاسم : أنا أيها الأستاذ،

المدرس : نعم، أنت يا بني، اذكر ما عرفت من الألوان

قاسم : يتلون قوس قزح من أنواع الألوان، منها الأحمر، والأصفر، والأزرق وغير ذلك

المدرس : أنت رائع يا بني، هل من آخر ؟

أحمد : أنا يا أستاذي

المدرس : نعم، هات ما في ذهنك يا بني

أحمد : قميصي لونه أبيض، وشعري أسود اللون

المدرس : يا له من ذكاء، وآخر ؟

عبد الله : اسمح لي أيها الأستاذ

المدرس : نعم، أفرغ جعبة كلامك يا بني

عبد الله : عندي برتقالان، واحد منهما لونه برتقالي، وآخر أخضر.

المدرس : أحسن كلكم أيها الطلبة، وهيا نتعلم اليوم الألوان



Guru : Murid-murid, Ada diantara kalian yang mau menyebutkan nama-nama warna pada bapak, serta memberikan contohnya ?

Qasim : saya pak

Guru : ya Qasim, coba sebutkan warna-warna yag kamu ketahui

Qasim : pelangi itu warnanya macam-macam, ada merah, kuning, biru dll pak

Guru : Bagus, Qasim, coba murid yang lain

Ahmad : saya pak

Guru : Ya, Ahmad, coba sebutkan apa yang kamu pikirkan

Ahmad : baju saya warnaya putih pak, kalau rambut saya, warnanya hitam.

Guru : pintar, yang lain ?

Abdullah : saya pak.

Guru : ya, coba sampaikan apa yang mau kamu sampaikan

Abdullah : saya punya dua jeruk, yang satu warnanya oranye, yang satunya warnaya hijau pak

Guru : kalian semua pintar

Festival Kebudayaan Arab FKA - UGM

Festival Kebudayaan Arab 2013 “The Glory of Arabian and Javanese Cross Culture
Satu lagi ajang perlombaan bahasa Arab Nasional, kali ini giliran Universitas Gajah Mada yang ngadain .......!!
langsung ja, ada dua kategori besar di FKA ini

1. Olimpiade Bahasa Arab
Dalam Festival Kebudayaan Arab 2013 ini, akan diselenggarakan sebuah Olimpiade Bahasa Arab mahasiswa tingkat Nasional dan siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam hal budaya dan bahasa Arab secara kompetitif. Adapun Olimpiade yang akan diselenggarakan antara lain:
1.1.   Kategori Mahasiswa
  1. Debat Bahasa Arab
  2. Pidato Bahasa Arab
  3. Puisi Bahasa Arab
  4. Komentator Olahraga Bahasa Arab
  5. Komposisi Bahasa Arab
1.2.   Kategori Siswa
  1. LCC Bahasa Arab
  2. Pidato Bahasa Arab
  3. Puisi Bahasa Arab
  4. Taqdimul Qishoh
  5. Kaligrafi
1.3.   Kategori Umum
  1. Kaligrafi Umum
  2. Hadroh
  3. Menyanyi Bahasa Arab
2. Liga Arab

FKA UGM 2013 masih diisi dengan Olimpiade Arab seperti tahun sebelumnya, tetapi ada penambahan lomba yaitu di bidang Olahraga yang kemudian dinamakan Liga Arab. Olahraga ditambahkan dengan maksud agar lebih menyemarakan acara FKA 2013 serta memberi ruang aksi dan kreasi pada mahasiswa Sastra Arab yang mempunyai kompetensi di bidang Olahraga untuk berprestasi. Kategori Liga Arab hanya menargetkan peserta dari kalangan  mahasiswa. Adapun cabang lomba yang akan diperlombakan adalah:
  1. Futsal
  2. Bulutangkis
Tempat dan waktu acaranya di selenggarakan di :
hari                     : Senin – Kamis
tanggal               : 11 – 14 November 2013
tempat                : Fakultas Ilmu Budaya UGM

Kumpulan Kitab Sirah Nabawiyyah Lengkap

Kumpulan Kitab Sirah Nabawiyyah Lengkap

Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh !!

Kawan-Kawan Muslim,......
Islam memerintahkan kita untuk selalu mentauladani Nabi kita Sayyiduna Muhammad SAW, sebagai Manusia terbaik yang mendapat pujian langsung oleh Sang Pemilik alam semesta dengan firmanNya "وإنك لعلى خلق عظيم", beliau adalah manusia tanpa celah, jangankan dalam ibdah dan perbuatannya, dalam kesehariannya saja adalah hal yang patut dicontoh, dengan berbagai kebaikan dan kemnafaatn bagi siapapun yang mencontohnya.

Sebut saja, dalam hal tata cara minum, yaitu dengan cara pelan, duduk, membaca doa dan berbagai tata kramanya, ternyata memiliki berbagai manfaat, baik spritual maupun secara medis, dimana hal tersebut mecegah kerusakan pada usus kita dipanding dengan minum dengan tenggakan dan berdiri.

dalam cara tidur, dengan cara menghadap ke bagian kanan kita, menaruh sisi kanan kita di tempat tidur dan berbantalkan tangan kita yang ditaruh di bawah pipi kanan kita, secara medis itu adalah tidur yang paling berkualitas bagi kesehatan. meniru segala tindak perbuatan Nabi memang tidak akan ada habisnya, karena setiap gerakan beliau adalah hal yang sangat patut dicontoh.

Namun, terkait hal tersebut sangatlah susah untuk merealisasikannya tanpa mengetahui keseharian beliau, bagaimana sepak terjang beliau. Banyak karya para Ulama yang bercerita bagaimana kehidupan mulia beliau SAW, salah satunya yang terkumpul dalam sebuah  perpustakaan Sejarah Nabi digital Di bawah ini :



Ada lebih dari sekitar 20 referensi di dalamnya, selain dimana perangkat ini berbentuk Ebook portable, sehingga sangat mudah untuk digunakan. untuk mendapatkan perpustakaan digital ini, teman - teman bisa mengunjungi link berikut: 

Kumpulan Kitab Sirah Nabawiyyah

Semoga Bermanfaat bagi kita semua dunia dan akhirat!!
Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Pintu Allah

'Abdullah bin Ahmad bin Dâsah, seorang Muqri` dari Bashrah, berkata,
"Aku telah mendengar bahwa ada seorang prajurit membawa kabur seorang wanita dari jalan, namun para tetangganya berhasil mencegatnya. Dia dan orang-orangnya mengadakan perlawanan hingga akhirnya mereka terpisah. Lantas si prajurit ini membawa masuk wanita tersebut ke dalam rumahnya, mengunci pintu-pintu dengan rapat, kemudian merayu si wanita agar memasrahkan dirinya namun dia menolak.
Lantas si prajurit memaksanya dan memperlakukannya secara kasar hingga akhirnya dia dapat menundukkannya dan sudah dalam posisi seorang yang leluasa untuk melakukan perbuatan tidak senonoh terhadapnya.

Ketika itu, berkatalah si wanita, "Wahai fulan, tahanlah hingga engkau menutup satu pintu lagi yang tertinggal dan lupa engkau menutupnya."

Orang ini bertanya-tanya, "Pintu apa lagi?."

Si wanita menjawab, "Pintu antara dirimu dan Allah."

Maka, serta-merta orang tersebut bangkit dari posisinya semula meninggalkan wanita tersebut sembari berkata, "Keluarlah, Allah telah mengeluarkanmu dari kesulitan."
Wanita itupun keluar dan si prajurit tadi tidak menghadang jalannya.

(Diambil dari kitab al-Faraj Ba'da asy-Syiddah, karya al-Qadliy Abu 'Aliy at-Tannûkhiy, Jld.I, Hal.355)

Ulama Dan Penguasa

Dikisahkan bahwa Hisyâm bin ‘Abdul Malik datang ke Baitullah, Ka’bah untuk melakukan manasik haji. Ketika masuk ke Masjid al-Haram, dia berkata, “Tolong hadirkan ke hadapanku salah seorang dari kalangan para shahabat.!”
Lalu ada orang yang menjawab, “Wahai Amirul Mukminin, mereka semua sudah meninggal dunia.”

Lalu dia berkata lagi, “Kalau begitu, dari kalangan tabi’in saja.”

Maka dihadirkanlah Thâwûs al-Yamâny. Tatkala menemui sang Amir, dia mencopot kedua sandalnya di pinggir permadaninya dengan tidak memberi salam terlebih dahulu dan tidak pula memanggilnya dengan julukannya (kun-yah), lantas duduk di sampingnya tanpa idzin pula seraya berujar,
“Bagaimana kabarmu wahai Hisyâm.?”

Maka meledaklah kemarahan sang Amir sehingga ia hampir saja berkeinginan untuk membunuhnya, namun kemudian ada yang mencegahnya seraya berkata,
“Wahai Amirul Mukminin, engkau saat ini berada di kawasan Haram Allah dan Rasul-Nya (Ka’bah) yang tidak boleh hal itu terjadi.”

Maka Hisyam berkata, “Wahai Thâwûs, apa yang mendorongmu untuk berbuat seperti itu tadi.?”
“Apa gerangan yang telah aku perbuat,?” balas Thâwûs

“Engkau telah mencopot kedua sandalmu di pinggir permadaniku, tidak memberi salam dengan menyapa, ‘Wahai Amirul Mukminin,’ tidak memanggilku dengan julukanku lalu duduk di sampingku tanpa idzin,” kata Hisyâm

“Adapun kenapa aku mencopot kedua sandalku di pinggir permadanimu, karena aku sudah biasa mencopotnya kala berada di hadapan Allah Ta’ala setiap hari, sebanyak lima kali akan tetapi Dia tidak mencela ataupun marah kepadaku. Adapun ucapanmu ‘engkau tidak memberi salam kepadaku dengan menyapa, ‘wahai Amirul Mukminin’’ karena tidak setiap Muslim setuju atas naiknya engkau ke tampuk kekuasaan. Jadi, aku takut kalau menjadi seorang pendusta (dengan menyapamu sebagai Amir semua orang-orang beriman-red.,). Mengenai perkataanmu ‘engkau tidak memanggilku dengan julukanku’ karena Allah Ta’ala juga menamai para Nabi-Nya, lalu memanggi mereka; ‘wahai Daud’ ‘wahai Yahya’ ‘wahai ‘Isa’ bahkan Dia malah menyebut musuh-musuh-Nya dengan julukan dalam firman-Nya, ‘Celakalah tangan Abu Lahab.’ Sedangkan ucapanmu, ‘kamu duduk di sampingku (tanpa idzin), maka hal itu karena aku telah mendengar ‘Aly bin Abi Thalib RA., berkata, ‘Bila kamu ingin melihat salah seorang penghuni neraka, maka lihatlah kepada seorang yang duduk sementara orang-orang di sekitarnya berdiri menghormatinya,” jawab Thâwûs

Kemudian Hisyam berkata, “Kalau begitu, nasehatilah aku.”
Maka Thâwûs berkata, “Aku mendengar ‘Aly bin Abi Thalib RA., berkata, ‘Sesungguhnya di neraka Jahannam terdapat ular-ular dan kalajengking seperti bagal (peranakan antara kuda dan keledai) yang mematuk setiap Amir (Penguasa) yang tidak berlaku adil terhadap rakyatnya.”

2. Diriwayatkan bahwa Abu Ghayyâts, seorang ahli zuhud selalu tinggal di sekitar pekuburan Bukhara, lalu suatu ketika datang ke kota untuk mengunjungi saudaranya. Kebetulan bersamaan dengan itu, putera-putera Amir Nashr bin Muhammad (penguasa setempat) barusan keluar dari kediamannya bersama para biduan dan alat-alat bermain mereka. Tatkala melihat mereka, sertamerta Abu Ghayyâts berkata,
“Wahai diriku, telah terjadi sesuatu yang bila engkau diam, berarti engkau ikut andil di dalamnya.”

Lalu dia mengangkat kepalanya ke langit sembari memohon pertolongan Allah. Kemudian mengambil tongkat lalu menggebuki mereka secara serentak sehingga mereka pun lari kocar-kacir menuju kediaman sang penguasa (Amir). Setibanya di sana, mereka menceritakan kejadian tersebut kepada sang penguasa.

Maka, sang penguasa pun memanggil Abu Ghayyâts seraya berkata,
“Tidak tahukah kamu bahwa siapa saja yang membangkang terhadap penguasa, dia akan diberi makan siang di penjara.?”

“Tidak tahukah kamu bahwa siapa saja yang membangkang terhadap ar-Rahmân (Allah), dia akan makan malam di dalam neraka,?” balas Abu Ghayyâts

“Kalau begitu, siapa yang memberimu wewenang melakukan Hisbah (Amr Ma’ruf Nahi Munkar) ini,?” tanya Amir
“Dia adalah Yang telah mengangkatmu ke tampuk kekuasaan ini,” jawab Abu Ghayyâts

“Yang mengangkatku adalah sang Khalifah,” kata Amir
“Kalau begitu, Yang mengangkatku melakukan Hisbah adalah Tuhannya sang khalifah,” jawab Abu Ghayyâts

“Aku hanya mengangkatmu melakukan Hisbah di daerah Samarkand saja,” kata Amir
“Aku sudah mencopot diriku dari bertugas di sana,” jawab Abu Ghayyâts

“Aneh kamu ini, engkau melakukan Hisbah di tempat yang tidak diperintahkan kepadamu dan menolak melakukannya di tempat kamu diperintahkan,?” kata Amir lagi

“Sesungguhnya jika engkau yang mengangkatku, maka suatu ketika kamu akan mencopotku akan tetapi bila Yang mengangkatku adalah Rabbku, maka tidak akan ada seorangpun yang dapat mencopotku,” tegas Abu Ghayyâts pula

“Baiklah, sekarang mintalah apa keperluanmu,!” tanya Amir akhirnya
“Yang aku perlukan adalah kembali lagi ke masa muda,” kata Abu Ghayyâts

“Wah, itu bukan wewenangku, mintalah yang lain,!” kata Amir
“Kalau begitu, tulislah kepada Malaikat Malik, penjaga neraka, agar tidak menyiksaku kelak,” kata Abu Ghayyâts

“Wah, itu bukan wewenangku juga, mintalah yang lainnya,!” kata Amr
“Kalau begitu, tulislah kepada malaikat Ridlwân, penjaga surga, agar memasukkanku kelak ke dalam surga,!” jawab Abu Ghayyâts

“Wah, itu juga bukan wewenangku,” kata Amir lagi
“Kalau begitu, keperluanku hanya kepada Allah Yang merupakan Pemilik semua keperluan dan kebutuhan, Yang tidaklah aku meminta kepada-Nya suatu keperluan melainkan pasti Dia akan mengabulkannya,”jawab Abu Ghayyâts

Atas jawaban tegas dan brilian itu, akhirnya Abu Ghayyâts dibebaskan oleh sang Amir bahkan dia malah salut dengan keimanan dan keberaniannya.

(SUMBER: Buku Mi`ah Qishshah Wa Qishshah Fî Anîs ash-Shâlihîn Wa Samîr al-Muttaqîn disusun oleh Muhammad Amîn al-Jundy, Juz II, h.29-33)

Kita Kan Bertemu Di Surga

Dari Rajâ` bin ‘Umar an-Nakha’iy, dia berkata,
“Di Kufah ada seorang pemuda berparas tampan, sangat rajin beribadah dan sungguh-sungguh. Dia juga termasuk salah seorang Ahli Zuhud. Suatu ketika, dia singgah beberapa waktu di perkampungan kaum Nukha’ lalu –tanpa sengaja- matanya melihat seorang wanita muda mereka yang berparas elok nan rupawan. Ia pun tertarik dengannya dan akalnya melayang-layang karenanya. Rupanya, hal yang sama dialami si wanita tersebut. Pemuda ini kemudian mengirim utusan untuk melamar si wanita kepada ayahnya namun sang ayah memberitahukannya bahwa dia telah dijodohkan dengan anak pamannya (sepupunya). Kondisi ini membuat keduanya begitu tersiksa dan teriris.

Lalu si wanita mengirim utusan kepada si pemuda ahli ibadah tersebut berisi pesan, ‘Sudah sampai ke telingaku perihal kecintaanmu yang teramat dalam kepadaku dan cobaan ini begitu berat bagiku disertai liputan perasaanku terhadapmu. Jika berkenan, aku akan mengunjungimu atau aku permudah jalan bagimu untuk datang ke rumahku.’ Lantas dia berkata kepada utusannya itu, ‘Dua-duanya tidak akan aku lakukan. Dia kemudian membacakan firman-Nya, ‘Sesungguhnya aku takut siksaan pada hari yang agung jika berbuat maksiat kepada Rabbku.’ (Q.s.,az-Zumar:13) Aku takut api yang lidahnya tidak pernah padam dan jilatannya yang tak pernah diam.’

Tatkala si utusan kembali kepada wanita itu, dia lalu menyampaikan apa yang telah dikatakan pemuda tadi, lantas berkatalah si wanita,
‘Sekalipun yang aku lihat darinya dirinya demikian namun rupanya dia juga seorang yang amat zuhud, takut kepada Allah? Demi Allah, tidak ada seorang pun yang merasa dirinya lebih berhak dengan hal ini (rasa takut kepada Allah) dari orang lain. Sesungguhnya para hamba dalam hal ini adalah sama.’

Kemudian dia meninggalkan gemerlap dunia, membuang semua hal yang terkait dengannya, mengenakan pakaian yang terbuat dari bulu (untuk menampakkan kezuhudan) dan berkonsentari dalam ibadah. Sekalipun demikian, dia masih hanyut dan menjadi kurus kering karena cintanya terhadap si pemuda serta perasaan kasihan terhadapnya hingga akhirnya dia meninggal dunia karena memendam rasa rindu yang teramat sangat kepadanya.

Sang pemuda tampan pun sering berziarah ke kuburnya. Suatu malam, dia melihat si wanita dalam mimpi seolah dalam penampilan yang amat bagus, seraya berkata kepadanya, ‘Bagaimana kabarmu dan apa yang engkau temukan setelahku.?’ Si wanita menjawab,
Sebaik-baik cinta, adalah cintamu wahai kekasih
Cinta yang menggiring kepada kebaikan dan berbuat baik

Kemudian dia bertanya lagi, ‘Ke mana kamu akan berada.?’ Dia menjawab,
Ke kenikmatan dan hidup yang tiada habisnya
Di surga nan kekal, milik yang tak pernah punah

Dia berkata lagi kepadanya, ‘Ingat-ingatlah aku di sana karena aku tidak pernah melupakanmu.’ Dia menjawab, ‘Demi Allah, akupun demikian. Aku telah memohon Rabbku, Mawla -ku dan kamu, lantas Dia menolongku atas hal itu dengan kesungguhan.’ Kemudian wanita itupun berpaling. Lantas aku berkata kepadanya, ‘Kapan aku bisa melihatmu.?’ Dia menjawab, ‘Engkau akan mendatangi kami dalam waktu dekat.’

Rupanya benar, pemuda itu tidak hidup lama lagi setelah mimpi itu, hanya tujuh malam. Dan, setelah itu, dia pun menyusul, berpulang ke rahmatullah. Semoga Allah merahmati keduanya.

(Sumber: al-Maw’id Jannât an-Na’îm karya Ibrâhîm bin ‘Abdullah al-Hâzimy, ha.14-15, sebagai yang dinukilnya dari bukunya yang lain berjudul Man Taraka Syai`an Lillâh ‘Awwadlahullâh Khairan Minhu)

Al-Quran Digital dan Terjemah Bahasa Indonesia

Al-Quran Digital dan Terjemah Bahasa Indonesia

Assalamu 'alaikum !!!
Al-Quran, Kitab Pedoman Hidup Umat Muslim, adalah Satu-Satunya Kitab Allah, Yang DIA jamin akan keasliannya, Dia yang sudah berjanji, Dzat yang Maha Menepati Janji, akan senantiasa menjaganya, Baik dengan cara menyimpannya di dalam memori ribuan para Penghafal Al-Quran, maupun dengan cara menjaga keotentikan teks aslinya dala berbahasa arab, atau dengan cara mengabadikan manuskrip pembukuan pertamanya yang sekranag tersimpan di Turki, ataupun dengan cara-cara yang Allah lebih tahu dari kita.

Memang berbeda dari ketiga kitab Allah lainnya yang sampai sekarang diragukan keasliannya, Al-Quran datang dengan keasliannnya sebagai Firman Allah, dan dengan berbagai kemukjizatan. Banyak pembuktian pembuktian ilmiah yang menunujukkan kehebatan kehebatan yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia, baik dari segi kebahasaannya, sebagai bahasa Arab tertinggi (Di samping bahasa arab sendiri adalah bahasa paling sempurna), maupun dari segi penyusunan maupun kandungan.

Dari segi kandungan, contohnya Allah berfirman mengenai penciptaan Manusia, Ruang angkasa dan lain sebaginya, yang baru baru ini dibenarkan oleh fakta ilmiah. Karena kemukjizatan dan kesempurnaan inilah, kita kaum muslimin harusnyalah bersyukur, dipercaya sebagai pengikut Al-Quran.


Sebagai seorang muslim kita tidak hanya dituntut untuk membaca kitab suci kita saja, melainkan juga memahami dan mentadabburinya, yang dengan memahaminya kita dapat mengambil mutiara-mutiara terpendam dan menguak rahasia-rahasia kebahagian dan kesuksesan kehidupan dunia akhirat. oleh karena itu senang rasanya dapat membantu sesama  muslim dalam merealisasikan perintah agama tersebut, dari itu kami hadirkan untuk pengunjung sekalian Al-quran Digital sekaligus terjemahannya yang juga dilengkapi dengan mesin pencari kalimat dan ayat yang ada di dalam Al-Quran Al-karim. seperti yang terlihat berikut : 



silakan, bagi yang berminat, bisa kunjungi melalui link berikut :

Al-Quran Digital dan Terjemah

Semoga bermanfaat dalam kehidupan dunia akhirat kita semua Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Imam Syafi'iy & Para Pendengki

Dikisahkan bahwa sebagian ulama terkemuka di Iraq yang merasa dengki dan iri hati terhadap Imam asy-Syafi’i dan berupaya untuk menjatuhkannya. Hal ini dikarenakan keunggulan Imam asy-Syafi’i atas mereka di dalam ilmu dan hikmah, di samping karena beliau mendapatkan tempat yang khusus di hati para penuntut ilmu sehingga mereka begitu antusias menghadiri majlisnya saja dan merasa begitu puas dengan pendapat dan kapasitas keilmuannya.

Karena itu, para pendengki tersebut bersepakat untuk menjatuhkan Imam asy-Syafi’i. Caranya, mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan yang rumit dalam bentuk teka-teki untuk menguji kecerdasannya dan seberapa dalam ilmunya di hadapan sang khalifah yang baik, Harun ar-Rasyid.

Khalifah memang sangat menyukai Imam asy-Syafi’i dan banyak memujinya.

Setelah menyiapkan beberapa pertanyaan tersebut, para pendengki tersebut memberitahu sang khalifah perihal keinginan mereka untuk menguji Imam asy-Syafi’i. Sang khalifah pun hadir dan mendengar langsung lontaran beberapa pertanyaan tersebut yang dijawab oleh Imam asy-Syafi’i dengan begitu cerdas dan amat fasih.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut seperti berikut:

PERTANYAAN- 1

Para Pendengki (Selanjutnya disebut: PP) :
Apa pendapatmu mengenai seorang laki-laki yang menyembelih seekor kambing di rumahnya, kemudian dia keluar sebentar untuk suatu keperluan lalu kembali lagi seraya berkata kepada keluarganya, “Makanlah oleh kalian kambing ini karena ia sudah haram bagiku.’ Lalu dijawab oleh keluarganya pula, “Ia juga haram bagi kami.” (bagaimana hal ini bisa terjadi.?-red.,)

Imam asy-Syafi’i (Selanjutnya disebut: IS):
Sesungguhnya orang ini dulunya seorang yang musyrik, menyembelih kambing atas nama berhala, lalu keluar dari rumahnya untuk sebagian keperluan lalu diberi hidayah oleh Allah sehingga masuk Islam, maka kambing itu pun jadi haram baginya. Dan ketika mengetahui ia masuk Islam, keluarganya pun masuk Islam sehingga kambing itu juga haram bagi mereka.


PERTANYAAN –2
PP:
Ada dua orang Muslim yang berakal minum khamar, lalu salah satunya diganjar hukum Hadd (dicambuk 80 kali-red.,) tetapi yang satunya tidak diapa-apakan. (kenapa bisa demikian.?-red.,)

IS:
Sesungguhnya salah seorang di antara mereka berdua ini sudah baligh dan yang satunya lagi masih bocah (belum baligh).


PERTANYAAN-3
PP:
Ada lima orang menzinahi seorang wanita, lalu orang pertama divonis bunuh, orang kedua dirajam (dilempar dengan batu hingga mati-red.,), orang ketiga dikenai hukum hadd (cambuk seratus kali-red.,), orang keempat hanya dikenai setengah hukum hadd sedangkan orang kelima dibebaskan (tidak dikenai apa-apa). (Kenapa bisa demikian.?-red.,)

IS:
Karena orang pertama tersebut telah menghalalkan zina sehingga divonis murtad dan wajib dibunuh, orang kedua adalah seorang yang Muhshan (sudah menikah), orang ketiga adalah seorang yang Ghairu Muhshan (belum menikah), orang keempat adalah seorang budak sedangkan orang kelima adalah seorang yang gila.

PERTANYAAN-4
PP:
Seorang laki-laki mengerjakan shalat, lalu tatkala memberi salam ke kanan isterinya menjadi ditalak, tatkala memberi salam ke kiri batallah shalatnya serta tatkala melihat ke langit, dia malah wajib membayar 1000 dirham. (kenapa bisa begitu.?-red.,)

IS:
Tatkala memberi salam ke kanan, ia melihat seseorang yang telah ia nikahi isterinya saat dia menghilang (dalam pencarian), maka ketika ia melihatnya (suami lama isterinya tersebut) sudah hadir, ditalaklah isterinya tersebut dan tatkala menoleh ke arah kirinya, dia melihat ada najis sehingga batallah shalatnya, lalu ketika menengadah ke langit, dia melihat bulan sabit telah nampak di sana sementara ia punya hutang sebesar 1000 dirham yang harus dibayarnya pada awal bulan begitu nampak bulan sabit tersebut (karena dia harus membayar hutang tersebut pada awal bulan hijriah-red.,).

PERTANYAAN-5
PP:
Ada seorang imam melakukan shalat bersama empat orang jama’ah di masjid, lalu masuklah seorang laki-laki dan ikut melakukan shalat di samping kanan sang imam. Tatkala imam memberi salam ke kanan dan melihat orang tersebut, maka ia wajib dieksekusi mati sedangkan empat orang yang bersamanya harus dihukum cambuk sedangkan masjid tersebut wajib dihancurkan, (bagaimana bisa demikian.?-red.,)

IS:
Sesungguhnya lelaki yang datang itu dulunya memiliki seorang isteri, lalu dia bepergian dan meninggalkannya (mantan isterinya tersebut) di rumah saudaranya lantas si imam ini membunuh saudaranya tersebut dan mengklaim bahwa perempuan itu adalah isteri korban yang dikawininya (padahal ia adalah saudara perempuan si korban-red.,) lantas ke-empat orang yang melakukan shalat bersamanya itu bersaksi atas hal itu (bersaksi dusta-red.,), sedangkan masjid tersebut dulunya adalah rumah si korban (saudara laki-laki si wanita yang jadi isterinya-red.,) lalu dijadikan oleh si imam sebagai masjid (sehingga wajib dihancurkan-red.,).

PERTANYAAN- 6
PP:
Apa pendapatmu mengenai seorang laki-laki yang memiliki budak namun melarikan diri, lalu orang ini berkata, “Dia bebas (merdeka) jika aku makan, hingga aku menemukannya (alias: aku tidak akan makan hingga bisa menemukannya dan bila aku ternyata makan sebelum menemukannya, maka status budak tersebut adalah bebas/merdeka-red.,), bagaimana jalan keluar baginya dari ucapannya tersebut?

IS:
Ia hibahkan saja budak tersebut kepada sebagian anak-anaknya kemudian dia makan, kemudian setelah itu ia menarik kembali hibahnya tersebut.

PERTANYAAN- 7
PP:
Ada dua orang wanita bertemu dengan dua orang anak laki-laki, lalu kedua wanita tersebut berkata, “Selamat datang wahai kedua anak kami, kedua suami kami dan kedua anak dari kedua suami kami.” (bagaimana gambarannya?-red.,)

IS:
Sesungguhnya kedua anak laki-laki itu adalah dua anak dari masing-masing wanita tersebut, lalu masing-masing wanita itu menikah dengan anak laki-laki temannya (kawin silang-red.,), maka jadilah kedua anak laki-laki itu sebagai kedua anak mereka berdua, kedua suami mereka berdua dan kedua anak dari kedua suami mereka.

PERTANYAAN- 8
PP:
Seorang laki-laki mengambil sebuah wadah air untuk minum, lalu dia hanya bisa meminum separuhnya yang halal baginya sedangkan sisanya menjadi haram baginya, (bagaimana bisa terjadi.?-red.,)

IS:
Sesungguhnya laki-laki itu telah meminum separuh air di wadah, lalu ketika meminum separuhnya lagi ia mengalami ‘mimisan’ sehingga darah menetes ke wadah itu sehingga membuat darah bercampur dengan air. Maka, jadilah ia (sisanya tersebut) haram baginya.

PERTANYAAN- 9
PP:
Ada seorang laki-laki memberi kantong yang terisi penuh dan telah disegel kepada isterinya, lalu ia meminta kepada isterinya tersebut untuk mengosongkan isinya dengan syarat tidak membuka, merobek, menghancurkan segel atau membakarnya sebab bila ia melakukan salah satu dari hal tersebut, maka ia ditalak. (apa yang harus dilakukan sang isteri.?-red.,)

IS:
Sesungguhya kantong itu terisi penuh oleh gula atau garam sehingga apa yang harus dilakukan wanita hanyalah mencelupkannya ke dalam air hingga ia mencair sendiri.

PERTANYAAN- 10
PP:
Seorang laki-laki dan wanita melihat dua orang anak laki-laki di jalan, lalu keduanya mencium kedua anak laki-laki tersebut. Dan tatkala keduanya ditanyai mengenai tindakan mereka itu, si laki-laki itu menjawab, “Ayahku adalah kakek dari kedua anak laki-laki itu dan saudaraku adalah paman keduanya sedangkan isteriku adalah isteri ayahnya.” Sedangkan si wanita menjawab, “Ibuku adalah nenek keduanya dan saudara perempuanku adalah bibinya (dari pihak ibu).” (siapa sebenarnya kedua anak itu bagi kedua orang tersebut.?-red.,)

IS:
Sesungguhnya laki-laki itu tak lain adalah ayah kedua anak laki-laki itu sedangkan wanita itu adalah ibu mereka berdua.

PERTANYAAN- 11
PP:
Ada dua orang laki-laki berada di atas loteng rumah, lalu salah seorang dari mereka jatuh dan tewas. Sebagai konsekuensinya, isteri orang yang tewas tersebut menjadi haram bagi temannya yang satu lagi. (bagaimana ini bisa terjadi.?-red.,)

IS:
Sesungguhnya laki-laki yang jatuh lalu tewas itu adalah orang (majikan/tuan) yang telah menikahkan putrinya dengan budaknya yang bersamanya di atas loteng tersebut (yang selamat), maka tatkala ia tewas, putrinya tersebut mewarisinya sehingga menjadi pemilik budak yang tidak lain suaminya tersebut, maka jadilah ia (putri majikannya tersebut) haram baginya.

Sampai di sini, sang khalifah Harun ar-Rasyid yang menghadiri perdebatan tersebut tidak mampu menyembunyikan rasa kagumnya terhadap kecerdasan Imam asy-Syafi’i, spontanitasnya, kebagusan pemahamannya dan keindahan ilmunya seraya berkata, “Maha suci Allah atas karunianya kepada Bani ‘Abdi Manaf; engkau telah menjelaskan dengan baik dan menafsirkan dengan begitu menawan serta mengungkapkan dengan begitu fasih.”

Maka berkatalah Imam asy-Syafi’i, “Semoga Allah memanjangkan umur Amirul Mukminin. Aku mau mengajukan kepada para ulama tersebut satu pertanyaan saja yang bila mereka dapat menjawabnya, maka alhamdulillah sedang bila tidak bisa, aku berharap Amirul Mukminin dapat mengekang keusilan mereka terhadapku.”

“Ya, itu hakmu, silahkan ajukan pertanyaanmu kepada mereka, wahai asy-Syafi’i,?” kata sang khalifah

“Ada seorang laki-laki yang meninggal dunia dengan meninggalkan warisan sebanyak 600 dirham namun saudara wanitanya hanya mendapatkan bagian 1 dirham saja dari warisan tersebut, bagaimana cara membagikan warisan tersebut,?” tanya asy-Syafi’i.

Maka, masing-masing dari para ulama tersebut saling memandang satu sama lain begitu lama namun tidak seorang pun dari mereka yang mampu menjawab satu pertanyaan tersebut sehingga tampak keringat membanjiri jidat mereka. Dan setelah begitu lama mereka hanya terdiam, berkatalah sang khalifah, “Ayo, katakan kepada mereka apa jawabannya.!”

“Orang tersebut meninggal dunia dengan meninggalkan ahli waris; dua anak perempuan, seorang ibu, seorang isteri, dua belas orang saudara laki-laki dan seorang saudara perempuan. Jadi, dua anak perempuannya itu mendapatkan dua pertiganya, yaitu 400 dirham; si ibu mendapatkan seperenam, yaitu 100 dirham; isteri mendapatkan seperdelapan, yaitu 75 dirham; dua belas saudara laki-lakinya mendapatkan 24 dirham (masing-masing 2 dirham) sehingga sisanya yang satu dirham lagi itu menjadi jatah saudara perempuannya tersebut,” jawab Imam asy-Syafi’i setelah orang-orang yang ingin menjatuhkannya di hadapan khalifah yang amat mencintainya itu berbuat nekad terhadapnya.

Dan jawaban Imam asy-Syafi’i tersebut membuat sang khalifah tersenyum seraya berkata, “Semoga Allah memperbanyak pada keluarga besarku orang sepertimu.”

Lalu beliau memberi hadiah kepada Imam asy-Syafi’i sebanyak 2000 dirham. Hadiah itu diterimanya, lalu dibagi-bagikannya kepada para pelayan istana dan para pengawal.

(SUMBER: Mi`ah Qishshah Wa Qishshah Fi Aniis ash-Shaalihiin Wa Samiir al-Muttaqiin karya Muhammad Amin al-Jundy, Juz.II, h.3-10)

Balasan Sesuai Dengan Perbuatan

Salah seorang pemuda mengisahkan cerita dirinya yang dapat dikata ‘aneh tapi nyata’. Cerita ini menyangkut setiap anak yang menyia-nyiakan hak orangtuanya dan setiap orangtua yang hanya mendapatkan kedurhakaan dari anak-anaknya.

Pemuda ini bertutur,
“Aku tidak tahu darimana harus memulai cerita yang mengenaskan dan sekarang aku alami ini sementara usiaku sekarang sudah mencapai 70 tahun. Apakah zaman kembali terulang bersamaku sehingga ibarat senjata makan tuan berbalik kepada diriku dan aku meneguk air dalam cangkir yang dulu pernah aku suguhkan kepada ibundaku saat aku masih muda?. Agar anda memahami kisahku ini, baiklah kiranya aku ajak anda kembali ke masa 50 tahunan yang lalu. Ketika itu, aku terpukul karena ayahandaku yang seorang Bisnisman kaya meninggal dunia. Karena aku merupakan anak tunggal, maka semua harta peninggalannya beralih ke tanganku; uang sekian banyak, emas dan tiga kios dagang yang menjual model furniture yang paling baik.

Ibundaku –rahimahallah- kala itu menyetujui peralihan kekayaan ayahku ke tanganku karena beliau seorang yang amat zuhud terhadap gemerlap dunia. Yang diperlukannya hanyalah sedikit makanan dan minuman yang dapat menyumbal perutnya. Aku hidup bersama ibundaku itu untuk beberapa masa hingga akhirnya beliau memilihkan seorang isteri untukku dari kalangan kerabatku sendiri. Pada awal mulanya, aku merasakan betapa baik dan mulia akhlaknya akan tetapi nampaknya ibundaku tersebut tidak menyadari bahwa di balik sikap baiknya yang berlebih-lebihan itu terdapat rencana jahat dan kebusukan di dalam hatinya. Maka, begitu anak pertamaku lahir, dia sudah menuntut agar dibelikan rumah tersendiri buat kami, jauh dari ibundaku. Alasannya, dia ingin bisa lebih bebas di dalam mengatur kehidupannya sehingga bisa menjadi ibu rumah tangga di rumahnya sendiri.

Pada mulanya, aku berusaha menentang keinginan itu namun dia tetap ngotot dengan klaim bahwa ibundaku selalu ikut campur dalam urusan pribadinya sehingga akhirnya aku setuju untuk membangun rumah baru buat kami, jauh beberapa mil dari rumah ibundaku. Ketika itu, aku tidak menggubris keberatan ibundaku yang sudah tua renta dan dengan memelas menyatakan bahwa dirinya butuh sekali orang yang bisa merawat dan melayani keperluannya serta secara kontinyu bersamanya di rumah. Aku malah menuruti saja keinginan isteriku agar bisa mandiri di rumahnya.

Pada awal-awal perpindahanku, aku rajin mengunjungi ibundaku itu tiap pekan guna membelikan keperluan makan dan minumnya namun di bawah tekanan isteriku dan kengototannya, aku akhirnya mengurangi frekuensi kunjunganku itu menjadi sebulan sekali saja mengingat jarak yang cukup jauh antara rumah baru kami dan rumah ibundaku, disamping waktu itu alat transportasi cepat belum ada, yang ada hanya onta dan tunggangan lainnya.

Rupanya ibundaku menderita sakit parah. Maka, waktu itu aku tawarkan kepada isteriku akan pentingnya kami kembali pulang dan hidup bersama ibunda lagi guna menyiapkan makanan untuknya dan mengontrol perawatan medisnya. Ternyata dia menolaknya dengan alasan bahwa dia bukan pembantu ibundaku ataupun alasan lainnya. Demikianlah, sehingga aku kembali tidak menggubris lagi keinginan dan keluhan ibundaku agar kami tetap tinggal bersamanya. Aku hanya cukup dengan menitip pesan kepada para tetangganya agar memperhatikan kondisinya. Dan pada beberapa hari berikutnya, telah sampai berita kepadaku dari salah seorang tentangga ibundaku bahwa ibundaku itu telah wafat.

Setelah itu, hari demi hari dan tahun demi tahun pun berlangsung tanpa terasa sehingga kejadian yang menimpa ibundaku itu seolah terlupakan dan aku meneruskan kehidupan keluargaku bersama isteriku dan anakku dengan bahagia. Namun setelah wafatnya isteriku dua tahun lalu, aku kembali merasakan kesendirian.

Aku kemudian berterus terang kepada kedua anakku agar mengizinkanku menikah lagi dengan wanita lain, namun keduanya menolak. Sekalipun penolakan mereka itu, aku tetap bertekad ingin menikah namun betapa kagetnya aku dengan perubahan sikap keduanya terhadapku. Perubahan sikap yang tidak pernah terbayang di benakku. Aku rupanya sudah lupa bahwa diriku telah menyerahkan pengurusan manajemen dan pengelolaan yayasan yang aku miliki dalam hidupku itu kepada keduanya. Begitu melihat perubahan sikap keduanya tersebut, aku mengancam akan mencabut perwakilan yang telah aku serahkan kepada mereka, namun lagi-lagi aku dikagetkan dengan sikap keduanya yang malah semakin tidak baik terhadapku bahkan sampai kepada batas memutus hubungan denganku dan tidak lagi mengirimkan sejumlah uang yang biasanya cukup untuk menghidupi kebutuhanku sehari-hari sebagaimana yang mereka lakukan sebelum itu.

Setiap kali aku mengingat apa yang dulu pernah aku lakukan terhadap ibundaku, berlinanglah air mataku. Kejadian yang mengenaskan di dalam kehidupanku yang dulu pernah aku lakukan terhadap ibundaku, kini terulang kembali dan menimpa diriku. Aku takut bila di saat kematianku sama dengan kondisi ibundaku dulu, tanpa kehadiran anak-anakku di sisiku. Yang aku harapkan sekarang hanyalah keluasan rahmat Allah padaku dan ampunan-Nya terhadap dosa-dosaku sehingga aku tidak mati dalam kesendirian sebagaimana yang terjadi terhadap ibundaku dulu…”

(SUMBER: Qashash Wa Mawâqif Dzât ‘Ibar, disusun oleh ‘Adil bin Muhammad ‘Ali ‘Abdil ‘Aly, h.37-40, sebagai dinukil dari Harian ‘Okâzh, Vol.31)

Buat Apa Kelezatan Duniawi ?

Abu al-Faraj, Ibn al-Jawziy dan ulama selainnya menyebutkan bahwa ada seorang wanita cantik tinggal di Mekkah dan dia telah bersuami. Suatu ketika, dia melihat paras cantiknya di depan cermin lalu berkata kepada sang suami,
“Apakah menurutmu ada orang yang tidak tergoda sedikitpun melihat paras cantikku ini?”
“Ya, ada.” Jawab sang suami
“Siapa orangnya?.” Tanyanya penasaran
“’Ubaid bin ‘Umair.” Jawab suaminya
“Izinkan aku untuk menggodanya.” Pintanya
“Ya, aku izinkan.” Jawab suaminya

Lalu isterinya mendatangi orang tersebut dan menyamar sebagai seorang wanita yang meminta fatwa. Akhirnya orang tersebut menyendiri bersamanya di sebuah pojok Masjid Haram, lalu si wanita itu menampakkan wajahnya yang bagaikan belahan rembulan.
Seketika orang itu berkata kepadanya,
“Wahai hamba Allah, tutuplah dirimu!.”
“Aku terpikat padamu.” Kata wanita cantik itu

“Aku akan bertanya padamu satu hal, bila kamu jujur, maka aku akan mempertimbangkan untuk menerimamu.” katanya
“Tidak ada satu pertanyaanpun yang engkau tanyakan kepadaku melainkan akan aku jawab dengan sejujur-jujurnya.” Jawab wanita itu

“Tolong beritahukan kepadaku, andaikata sekarang malaikat maut datang kepadamu untuk mencabut nyawamu, apakah menyenangkanmu bila aku mengabulkan permohonanmu ini?.” Tanyanya
“Jelas, tidak.” Jawab si wanita

“Kalau begitu, kamu sudah berkata jujur.” Kata orang itu
Orang itu melanjutkan, “Andaikata engkau masuk kuburmu, lalu didudukkan lalu ditanyai; apakah menyenangkanmu bila aku mengabulkan permohonanmu ini.?”
“Jelas, tidak.” Jawab si wanita itu lagi

“Kalau begitu, kamu sudah berkata jujur lagi.” Katanya
Lalu orang itu melanjutkan,
“Bertakwalah kepada Allah sebab Allah telah memberikan nikmat dan berbuat baik kepadamu.!!”

Lalu wanita itu pulang menghadap suaminya. Sang suami bertanya kepadanya,
“Apa yang telah engkau lakukan.?”
“Kamu itu seorang yang banyak menganggur dan kita semua orang-orang pengangguran.!” Jawabnya

Setelah kejadian itu, si wanita ini mulai rajin shalat, puasa dan beribadah. Suaminya selalu berkata kepadanya,
“Apa gerangan yang terjadi antara aku dan si ‘Ubaid bin ‘Umar sehingga dia berhasil mempengaruhi isteriku. Dulu isteriku adalah pengantinku di malam hari, namun sekarang dia sudah berubah menjadi Râhibah (makna aslinya adalah biarawati/suster di biara, ungkapan ini adalah sebagai bahasa kiasan terhadap orang yang memfokuskan diri untuk beribadah total –red.,).”

CATATAN:
Kisah ini diketengahkan karena mengandung pelajaran yang berharga dan memang sudah terjadi -bila valid-. Jadi, bukan sebagai pembenaran atas sikap seorang isteri yang melakukan hal seperti itu -red

(SUMBER: al-Maw’id:Jannât an-Na’îm karya Ibrahim bin ‘Abdullah al-Hâzimy, hal.88-89)

Cara & Trik Syaithan Menyesatkan Manusia

mengenai kisah ini terdapat banyak versi dan penafsirannya dapat diambil dari tafsir terhadap ayat 16 surat al-Hasyr.

Dalam hal ini, sedikit kami ketengahkan perkataan Ibn Katsir dalam tafsirnya terhadap ayat tersebut, “Yakni seperti orang-orang Yahudi yang tergiur oleh rayuan orang-orang Munafik yang menjanjikan kemenangan dan pertolongan mereka, namun tatkala mereka (orang-orang Yahudi) benar-benar dikepung kaum Muslimin dan terjadi peperangan; orang-orang Munafik tersebut meninggalkan mereka sendirian menghadapi kebinasaan. Permisalan mereka dalam hal ini seperti permisalan syaithan tatkala menggoda manusia agar kafir –wal ‘iyaadzu billah- di mana bila ia (manusia) sudah masuk ke dalam perangkapnya, ia pun berlepas diri darinya dan kabur seraya berkata, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta alam.’”

Ibn Katsir melanjutkan, “Berkenaan dengan ayat ini, sebagian mereka (para mufassir-red.,) menyebutkan sebuah kisah sebagian dari para ahli ibadah yang berasal dari kalangan Bani Israil, yang merupakan contoh bagi permisalan ini bukan sebagai yang dimaksudkan (dikehendaki) dalam penafsiran ayat ini, bahkan ia termasuk darinya beserta kisah nyata lainnya yang mirip dengannya…” (Tafsir Ibn Katsir, Jld.IV, h.436-438)

Dengan demikian, berdasarkan pernyataan Ibn Katsir tersebut, maka kisah yang akan diketengahkan berikut ini juga termasuk salah satu contoh (bukan maksud dari tafsir ayat tersebut) betapa syaithan menggunakan berbagai trik untuk menggoda manusia sehingga pada akhirnya mengikutinya dan terjerumus ke dalam perangkapnya (kafir kepada Allah) kecuali orang-orang yang dirahmati Rabb. Wallahu a’lam.

Jalan Cerita

Ada seorang ahli ibadah (‘Abid) dari kalangan Bani Israil, yang merupakan ahli ibadah pada masanya.

Tersebutlah tiga bersaudara yang memiliki satu-satunya saudara perempuan yang masih perawan. Suatu ketika, ketiga orang ini ingin pergi ikut berjihad di jalan Allah namun mereka tidak tahu kepada siapa saudara perempuan mereka itu akan dititipkan dan mendapatkan tempat yang aman padahal orang tua mereka sudah meninggal dunia. Lalu bersepakatlah mereka untuk menitipkannya kepada seorang ahli ibadah dari kalangan Bani Israil tersebut sebab hanya dia yang mereka percayai.

Karena itu, mereka mendatangi orang tersebut dan memintanya agar bersedia menerima titipan saudara perempuan mereka tersebut sehingga ia bisa tinggal dulu di sampingnya hingga mereka pulang kembali dari perjalanan namun si ahli ibadah ini menolaknya dan berlindung kepada Allah dari mereka dan sikap mereka tersebut. Karena terus didesak dan mereka tetap ngotot, akhirnya dia pun bersedia menerima seraya berkata, “Tolong inapkan dia di sebuah rumah di dekat tempat ibadah yang khusus untukku.” Maka mereka pun membawanya ke tempat itu, kemudian berangkat dan meninggalkannya.

Wanita, saudara perempuan ketiga orang itu pun menginap di rumah sang ahli ibadah itu hingga beberapa masa. Selama itu, dia turun dari tempat ibadahnya (yang berada di atas dan berdampingan dengan rumah di mana wanita itu tinggal) untuk memberinya makan, memanggilnya, lalu wanita itu keluar untuk mengambil makanan yang diletakkannya di suatu tempat.

Maka, syaithan pun memainkan perannya; pertama-tama ia pura-pura peduli dengan si ahli ibadah ini dengan mensugestinya terus agar berbuat baik, akan tetapi ia menyayangkan keluarnya si wanita itu dari rumahnya pada siang hari dengan menakut-nakutinya bahwa cara seperti itu bisa saja dilihat seseorang lalu tertarik pada wanita itu. Dia lalu menganjurkan, “Andaikata kamu sendiri yang berjalan dan meletakkan makanannya di pintu rumah, tempat si wanita itu, tentulah pahalanya bagimu lebih besar.” Si Iblis terus menggodanya dengan hal itu hingga akhirnya, si ahli ibadah itu mengikutinya. Dia datang ke rumah, tempat wanita itu menginap, membawa makanan itu sendiri dan meletakkannya di depan pintunya namun tidak berbicara sepatah kata pun dengannya. Kondisi ini berjalan beberapa lama.

Kemudian Iblis itu datang lagi seraya mensugestinya untuk senantiasa berbuat kebaikan sehingga mendapatkan pahala. Dia berkata, “Andaikata kamu berbicara dengannya sehingga dia bisa merasa terhibur denganmu. Sebab ia tentu dicekam kesepian yang amat sangat.” Iblis terus menggodanya hingga akhirnya dia berani mengajak si wanita itu berbicara sekalipun sembari melihat dari tempat ibadahnya yang berada di bagian atas.

Setelah itu, Iblis mendatanginya lagi seraya berkata, “Andaikata kamu menghampirinya dengan duduk di pintu tempat ibadahmu seraya mengajaknya berbicara sementara ia juga duduk di pintu rumahnya sambil berbicara denganmu, tentulah ini lebih baik dan lebih membuatnya terhibur (tidak kesepian).” Iblis terus menggodanya hingga akhirnya dia pun turun dan duduk di pintu tempat ibadahnya sambil mengajak berbicara si wanita itu yang juga keluar dari rumahnya sambil duduk di pintunya guna meladeninya berbicara. Kondisi ini pun berjalan beberapa lama.

Kemudian Iblis itu datang lagi seraya tidak lupa mensugestinya untuk berbuat kebaikan dan meraih pahala terhadap apa yang dilakukannya. Ia bertutur, “Andaikata kamu keluar saja dari tempat ibadahmu itu, kemudian duduk di dekat pintu rumahnya lalu mengajaknya bicara tentulah akan lebih membuatnya merasa terhibur lagi dan akan lebih baik baginya.” Iblis terus menggodanya hingga akhirnya dia melakukannya juga. Kondisi itu pun berjalan beberapa lama.

Kemudian Iblis datang lagi sembari terus mensugestinya untuk berbuat kebaikan. Ia berkata, “Andaikata kamu mendekatinya dan duduk di samping pintu rumahnya lalu berbicara dengannya tetapi dia tidak usah keluar dari rumahnya, tentu lebih baik.” Maka dia pun melakukannya; turun dari tempat ibadahnya, berdiri di depan pintu si wanita itu lalu berbicara dengannya. Kondisi ini berjalan untuk beberapa waktu.

Setelah itu, Iblis datang lagi seraya berkata, “Andaikata kamu masuk bersama-sama dengannya lalu berbicara akan tetapi dia tidak usah menampakkan wajahnya kepada siapapun, tentulah lebih baik bagimu.” Iblis terus menggodanya hingga si ahli ibadah ini pun memasuki rumah si wanita lalu mengajaknya berbicara sepanjang siang hari itu dan begitu siang sudah habis, ia kembali naik ke tempat ibadahnya.

Keesokan harinya, Iblis datang lagi dan terus membuatnya terbayang-bayang dengan si wanita tersebut hingga akhirnya si ahli ibadah berani memegang pahanya dan menciumnya. Iblis terus memperdayanya dengan membuat hal demikian elok di hadapan matanya dan menggodanya hingga akhirnya dia berbuat zina dengan wanita itu dan menghamilinya. Wanita itu pun kemudian melahirkan anak dari hasil hubungan gelap mereka.

Tak berapa lama setelah itu, Iblis datang lagi seraya berkata kepada si ahli ibadah, “Menurutmu, apa yang dapat kamu perbuat bila saudara-saudara si wanita itu datang lalu mendapatinya telah melahirkan seorang anak? Tidak, Aku tidak dapat menjamin bahwa ia (wanita) tidak membuka rahasia terhadap aib itu atau pun mereka nantinya berhasil menyingkap aibmu. Karena itu, pergilah ke anak itu lalu goroklah dia dan kuburkan, pasti ia (wanita itu) tidak akan angkat bicara karena takut saudara-saudaranya akan berbuat kasar terhadapmu begitu mengetahui apa yang telah kamu lakukan terhadapnya.” Maka, si ahli ibadah ini pun menuruti saja bujukan Iblis itu dengan membunuh anak hasil hubungannya dengan wanita tersebut.

Kemudian Iblis berkata lagi, “Menurutmu, apakah ia (wanita itu) tidak akan angkat bicara kepada saudara-saudaranya mengenai perlakuanmu terhadapnya dan anaknya yang telah kamu bunuh? Tidak, karena itu, singkirkan dan goroklah dia lalu kuburkan bersama anaknya.” Iblis terus menggodanya hingga akhirnya ia pun menggorok wanita itu dan membuang kedua mayat itu ke dalam sebuah lubang, lalu menyumbatnya dengan batu besar kemudian tanahnya diratakan kembali. Setelah itu, ia naik ke tempat ibadahnya seraya terus melakukan ritual. Kondisi ini berlangsung beberapa lama hingga kemudian saudara-saudara wanita itu pulang dari berperang. Mereka datang seraya menanyakan keadaan saudara perempuan mereka. Namun, si ahli ibadah ini dengan mimik sedih menyampaikan bela sungkawanya kepada mereka atas kematiannya dan mendoakan semoga Allah merahmati arwahnya.

Mendengar kejadian itu, mereka berniat tinggal beberapa hari di kuburannya, untuk kemudian kembali menemui sanak saudara mereka.

Begitu malam tiba dan mereka sudah tertidur pulas, datanglah syaithan dalam mimpi mereka menyamar sebagai seorang laki-laki yang sedang bepergian. Lalu ia memulai pertanyaannya kepada kakak sulung dari tiga bersaudara tersebut mengenai kondisi saudara perempuan mereka. Maka si kakak sulung itu memberitahukan kepadanya seperti yang telah dikatakan si ahli ibadah itu mengenai kematiannya, bagaimana dia berbelasungkawa dan menunjukkan lokasi dikuburkannya saudara perempuan mereka tersebut, akan tetapi syaithan –yang menyamar tersebut- menyangkal ucapan si ahli ibadah dan menganggapnya telah berdusta, seraya berkata, “Ia tidak berbicara jujur pada kalian mengenai saudara perempuan kalian tersebut. Sebenarnya, dia telah menghamilinya lalu lahirlah seorang anak, kemudian si ahli ibadah itu menggoroknya dan anak itu karena takut kepada kalian, setelah itu, dia melempar keduanya ke dalam lubang yang digalinya di belakang pintu rumah tempat tinggal sudara wanita kalian itu, tepatnya di sebelah kanan orang yang masuk ke sana. Pergilah ke sana, lalu masuklah ke rumah itu, pasti kalian akan menemukan mayat keduanya sebagaimana yang telah aku beritahukan kepada kalian ini.”

Iblis kemudian mendatangi mimpi saudara nomor dua mereka dan mengatakan kepadanya persis seperti yang dikatakannya kepada kakak sulung mereka, kemudian ia datang lagi ke dalam mimpi si bungsu dan mengatakan hal yang sama.

Tatkala bangun, mereka tertegun-tegun terhadap apa yang masing-masing mereka lihat dalam mimpi. Akhirnya masing-masing bertemu dan berkata kepada saudaranya, “Semalam aku melihat sesuatu yang aneh di dalam mimpi.” Masing-masing saling menceritakan apa yang dilihatnya.

Maka, berkatalah si kakak sulung, “Ini hanyalah mimpi belaka, tidak akan ada apa-apa. Ayo kita berangkat dan anggap saja hal ini sebagai angin lalu.”

“Demi Allah, aku tidak akan berangkat hingga mendatangi tempat tersebut lalu melihat apa yang ada di dalamnya,” kata si bungsu.

Akhinrya, mereka semua menuju ke rumah di mana saudara perempuan mereka pernah tinggal tersebut. Mereka buka pintunya dan mencari lokasi seperti yang disebutkan di dalam mimpi mereka. Ternyata, mereka mendapati saudara perempuan mereka dan anaknya dalam kondisi tergorok di dalam sebuah lubang sebagaimana yang dikatakan kepada mereka dalam mimpi itu. Lalu mereka menanyakan kebenaran hal itu kepada si ahli ibadah, maka ia pun membenarkan apa yang dikatakan Iblis pada mereka di dalam mimpi itu berkenaan dengan apa yang telah diperbuatnya terhadap ke-dua orang tersebut (si wanita dan anaknya).

Mereka kemudian mengangkat perkara tersebut kepaada raja, menurunkannya dari tempat ibadahnya dan menghadirkannya untuk disalib. Tatkala mereka telah mengikatnya di atas kayu untuk dibunuh, datanglah Iblis menjumpai si ahli ibadah itu seraya berkata, “Aku lah temanmu yang tempo lalu telah mengujimu dengan wanita tersebut sehingga ia hamil dan anaknya engkau bunuh. Jika sekarang ini kamu mau patuh padaku dan kafir terhadap Allah Yang menciptakan serta membentukmu, aku akan menyelematkanmu dari kondisimu saat ini.” Maka, si ahli ibadah itupun menjadi kafir kepada Allah. Tatkala ia telah menyatakan kekafirannya, syaithan pun lari dan membiarkan urusannya dengan orang-orang diselesaikan sehingga mereka pun menyalibnya, lalu ia pun dibunuh.

Dan ayat yang berkenaan dengan kejadian ini sebagai permisalan adalah firman-Nya, “(Bujukan orang-orang munafik itu adalah) seperti (bujukan) syaithan ketika dia berkata kepada manusia, ‘Kafirlah kamu.’ Maka tatkala manusia itu telah kafir, ia berkata, ‘Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu karena sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan semesta alam. Maka adalah kesudahan keduanya, bahwa sesungguhnya keduanya (masuk) ke dalam neraka, mereka kekal di dalamnya. Demikianlah balasan orang-orang yang zhalim.” (Q.s.,al-Hasyr:16-17)

(SUMBER: Mi`ah Qishshah Wa Qishshah, Fii Aniis ash-Shaalihiin Wa Samiir al-Muttaqiin, karya Muhammad Amin al-Jundy, h.20-25)