Powered by Blogger.

10 hal ini dapat membatalkan puasa

Posted by Islamic And Arabic Center

10 hal ini dapat membatalkan puasa ?

Sudah benarkah puasa kita ? Sudah kah kita hindari larangan larangannya, sudahkah kita tahu apa saja larangan larangan itu? Ya, namanya lqrangan, ketikankita melakukan salah satu saja, puasa kita sudah batal, yaitu

1. Masuknya benda bermateri kedalam rongga tubuh. yaitu rongga yang terdapat antara daerah leher sampai selangkangan, mulai tenggorokan sampai ke rongga panggul. Benda bermateri disini juga termasuk asap rokok, jika kita lihat dalam asap rokok ada zat bermateri yang dapatbkita lihat dari noda pada filter rokok. Memasukkan materi ke dalam rongga disini juga tidak hanya melewati mulut, namun semua jalur yang memungkinkan masuknya materi ke dalam tubuh, swpwrti anus, atau tusukan diperut dan lain sebagainya

2. Masuknya benda bermateri ke dalam rongga tengkorak, ini sama saja dengan poin pertama baik dari segi materi maupun jalan masuk, seprti melewati lubang telinga atau hidung, seperti menghirup air ketika wudhu melalui hidung.

3. Suntikan pada kelamin atau dubur, jelas membatalkan puasa, karena melanggar poin pertama, memasukkan sesuatu ke area rongga panggul. Termasuk juga ketika kita BAB, kemudian kotoran yang kita keluarkan sebagian kembali kita masukkan ke dalam, oleh karena itu, hati hati buang air besar di siang hari.

4. Muntah dengan sengaja, ingat, hanya dengan sengaja, seperti main makn dengan hal yang dapat membuatnya muntah. jika karena memang muntah karena mabuk atau jijik terhadap sesuatu secara spontan, jadi tidak batal,

5. Hubungan badan dengan penetrasi, jelas ini melanggar tujuan utama puasa, yaitu mengendalikan nafsu meski halal, seperti hubungan intim dengan istri, kedua melangar poin pertama.

6. Mengeluarkan mani, baik dengan cara dilakukan sendiri seperti onani, atau dilakukan oleh mahram kita. Dan termasuk dari kesengajaan, ketika kita mengetahui bahwa biasanya ketika kita melihat atau mendengar sesuatu, maka kita akan mengeluarkan mani, seperti membayangkan atau menonoton pornografi. Perlu digaris bawahi bahwa mengeluarkan mani berbeda dengan keluar mani, dimana ada unsur kesengajaan di dalamnya, jika tidak sengaja seperti mimpi basah, maka tidak membatalkan puasa, namun tetap wajib mandi besar.

BACA JUGA : Bagaimana berpuasa dengan benar

7. Haid. Haid juga termasuk salah satu syarat wajib, ketika seorang wanita sedang menstruasi, maka seketika itu ia terbebas dari tuntutan berpuasa, dan puasanya batal, bahkan diharamkan untuk berpuasa

8. Nifas sama hukumnya dengan haid.

9, gila, atau hilang akal, seperti misalnya ayanan dan semacamnya, kecuali tidur. Ketika kitankehilangan akal, sampai terbenam matahari, maka puasa yang sudah dijalani menjadi tidak sah, namun jika kita tersadar sebelum matahari terbenam, maka piasa masih bisa diteruskan.

10. Murtad
Jelas, poin ini sudah melanggar syarat wajib utama yang menjadi kriteria pokok puasa dalam islam. Ketika seseorang murtad, maka seluruh ibadahnya tidak akan diperhitunhkan lagi.

Related Post



Post a Comment