Powered by Blogger.

Tafsir Al-Quran & Gramatka Al-Quran

Posted by Islamic And Arabic Center

Tafsir Al-Quran & Gramatka Al-Quran

Assalamu 'Alaikum Wa rahmatullahi wa barakatuh !!

Al-Quran, Tafsir digital & I'rabnya
Anda bisa berbahasa Arab atau sedang belajar Bahasa Arab? Perangkat Al-quran digital ini bisa jadi teman belajar bahasa Arab dan sekaligus belajar tafsir Al-Quran. Bahasa Arab dan Al-Quran merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan. Keduanya dalam satu kesatuan yang saling melengkapi. Al-Quran menjadi satu-satunya kitab Allah yang masih murni terjaga dibanding 4 kitab lainnya, salah satunya karena Al-Quran masih utuh sejak diturunkan dalam versi aslinya yang berbahasa arab. begitu juga Bahasa arab masih tetap terlesteraikan, dan akan tetap terlestarikan dan tanpa perubahan, dikarenakan acuan utama bahasa arab adalah Al-Quran. tidak seperti bahasa Inggris yang sudah berulang kali mengalami perombakan besar-besaran.

mempelajari Al-Quran, bagi seorang muslim adalah suatu keharusan. tidak hanya itu, mereka dituntut untuk memahami kandungannya sebagai pedoman yang seharusnya diikuti demi kebahagian abadi dunia akhirat. namun hal itu sngatlah msutahil tanpa memahami bahasa arab. masih bisa dihitung, jumlah tafsir yang di dalamnya sekalipun tafsir tafsir terkenal dan terpercaya yang membahasa secara detail mengenai Kebahasa arabannya. dengan perangakat ini, kita bisa "menyelam sambil minum air, mancing ikan juga", membaca, dan mempelajari AL-Quran sekaligus memahaminya dengan penjelasan tafsir makna dan I'rabnya".

Dengan tampilan yang ringkas, sederhana dan mudah dipahami, Anda tidak akan kesulitan lagi untuk mempelajari I'rab dan Tafsir Al-Quran di komputer/ laptop. Diantara kelebihan Perangkat Al-quran digital ini adalah sifatnya yang portable (tidak perlu diinstall) dan sangat ringan dan cepat dalam penggunaannya. Anda tidak perlu menunggu lama setiap kali mengklik fitur-fiturnya. Tulisan Al-Quran yang ditampilkannya adalah standar Mushaf Utsman, dengan ukuran huruf yang cukup besar dan enak untuk dibaca. Demikian pula tampilan Tafsir As-Sa'di maupun I'rab, sangat mudah untuk dibaca dan bisa dicopy atau disalin ke dalam program perangkat pengolah kata (text editor) yang ada di komputer anda.

Keterangan :
  • Halaman bagian kanan adalah nash dari Al-Quran. 
  • Halaman sebelah kiri adalah nash atau teks tafsir dan gramatika i'rabnya.
  • Satu halaman hanya berisi penjelasan tafsir satu ayat atau i'rab dari satu ayat
  • Geser scroll ke bawah - atas jika halaman penuh
  • untuk melihat tafsir dari ayat tertentu, silakan klik angka/kepala surat yang terletak di akhir ayat pada halaman teks Al-Quran.

Beberapa petunjuk penting dalam penggunaan:

Perhatikan tombol-tombol di atas dari kanan ke kiri:
1. Tombol panah ke arah kanan untuk menuju ke halaman sebelumnya
2. Tombol panah ke arah kiri untuk menuju ke halaman setelahnya

3. Tombol "Ikhtiyar" untuk memilih surat dan nomor ayat yang hendak ditampilkan. Bila tombol ini diklik maka akan muncul dua kotak kecil di bawahnya untuk memilih nama surat dan nomor ayat.
4. Tombol "Tafsir Al-Muyassar" untuk menampilkan tafsir ringkas
5. Tombol "Tafsir As-Sa'di" untuk menampilkan tafsir karya Syekh As-Sa'di, tafsir sederhana yang banyak dijadikan rujukan dalam mempelajari tafsir Al-Quran untuk pemula.
6. Tombol "Al-I'rab" untuk menampilkan uraian gramatika kalimat-kalimat al-Quran
7. Tombol "Al-Khuruj" untuk keluar dari program ini.


8. Untuk memilih ayat yang hendak dibaca Tafsir atau I'rab-nya, cukup dengan mengklik nomor ayat yang ada di lembar tampilan al-Quran di lajur kanan. Maka lajur kiri (Tafsir/I'rab) secara otomatis menampilkan Tafsir atau I'rab dari ayat yang bersangkutan. 





Contoh tampilan Tafsir As-Sa'di:




Contoh tampilan I'rab Al-Quran:




Bagi Yang berminat, bisa Kunjungi link berikut :

Tafsir Al-Quran & Gramatka Al-Quran

Sumber islamhouse.com
Semoga bermanfaat bagi kita semua, dunia dan akirat.
Wassalamu 'alaikum Wa rahmatullahi Wa baraktuh

Related Post



Post a Comment