Powered by Blogger.

Kisah Keutamaan Bulan Ramadhan

Posted by Islamic And Arabic Center

وروى سلمة بن شبيب عن ابن عباس مرفوعا: لله في كل ليلة من ليالي شهر رمضان عند الإفطار ألف ألف عتيق من النار، فإذا كان ليلة الجمعة أعتق الله في كل ساعة منها ألف ألف عتيق من النار كلهم قد استوجب النار، فإذا كان آخر ليلة من الشهر أعتق في ذلك اليوم بعدد ما أعتق من أول الشهر إلى آخره أعتقنا الله من النار.
 Diriwayatkan dari Ibnu Abbas : setiap Malam di bulan Ramadhan, Allah SWT membebaskan satu juta 1000000 penghuni neraka pada saat menjelang waktu berbuka puasa, dan ketikamalam jumat tiba, setiap jamnya Allah membebaskan 1000.000 penghuni neraka yang mana sebenarnya mereka memang berhak untuk dipanggang dalam neraka, dan pada malam terakhir bulan Ramadhan, Allah memerdekakan penghuni neraka sebanyak yang DIA bebaskan dari awal bulan.
وقال النخعي: صوم يوم من رمضان أفضل من ألف يوم، وتسبيحة فيه أفضل من ألف تسبيحة، وركعة فيه خير من ألف ركعة، والنفقة فيه مضاعفة كالنفقة في سبيل الله.
An-Nakh'iy berkata " puasa sehari pada bulan Ramadhan lebih baik dari pada puasa 1000 hari biasa, bertasbih di bulan ramdhan lebih utama dibanding 1000 tasbih, begitu juga ruku'nya lebih baik dari pada 1000 ruku' biasa, dan nafkah yang didermakan akan dilipatkan pahalanya seperti halnya nafkah untuk menegakkan agama Allah.

وروي عن ابن مسعود أنه قال: إذا كان يوم القيامة، وأراد بعبد خيرا أعطاه الله كتابه جهرا، وقال له اقرأ سرا حتى لا يفضحه بين خلقه، فيقرأ كتابه سرا فلم يسمعه أحد فتقول الملائكة: إلهنا هذه عناية لم تسبق لأحد من العصاة، وقد أوعدت من عصاك أن تعذبه وتحرقه بالنار فيقول سبحانه وتعالى: يا ملائكتي إني أحرقته في الدنيا بنار الجوع والعطش في الحر الشديد في شهر رمضان، فلا أحرقه اليوم بالنيران، وقد عفوت عنه، وغفرت له ما سلف من الذنوب والعصيان، وأنا الكريم المنان.
Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud " pada hari kiamat, ketika Allah hendak melimpahi hamba-Nya dengan kebaikan-Nya, Allah memebri hamba itu kitab amalnya lalu memerintahkannya " bacalah dengan senyap " hingga hamba-hamba yang lain tidak tahu keburukan-keburukan hamba tersebut, lalu hamba itu membacanya dengan senyap, dan tak ada yang mendengarnya, lalu malaikat berkata " Ya Rabb, ini adalah Anugerahmu yang tak pernah didapatkan oleh durjana manapun sebelum ini, Engkau telah menetapkan bahwa siapa saja yang mendurhakai-Mu, akan Kau siksa ia, serta kau bakar ia dalam neraka-Mu ", Alla SWT menjawab " Wahai malaikat-malaikat-Ku, Dulu Aku telah membakarnya di dunia dengan panasnya lapar dan dahaga pada saat siang yang sanga panas di bulan Ramadhan. jadi sekarang Aku tak akan membakarnya lagi dalam neraka, Aku telah mengampuninya dan dosa-dosanya dulu, Aku-lah Dzat yang Maha Mulya serta Pemberi Anugerah ".

وحكي عن بعض أهل العلم أنه قال: كان عندنا رجل اسمه محمد، وكان لا يصلي إلا قطعا، فإذا دخل شهر رمضان زين نفسه بالثياب الفاخرة والطيب، ويصوم ويصلي ويقضي ما فاته. فقلت له في ذلك. فقال: هذا شهر التوبة والرحمة والبركة، عسى الله أن يتجاوز عني بفضله فمات فرأيته في المنام. فقلت له: ما فعل الله بك؟ قال: غفر لي لأجل حرمة شهر رمضان، غفر الله لنا ولجميع المسلمين.
sebuah kisah dari seorang Ulama " Dahulu kami mengenal seorang yang bernama Muhammad yang tak pernah shalat sama sekali, dan pada saat bulan Ramadhan ia merubah hidupnya dengan kebaikan, berpuasa serta melaksanakan shalat dan mengganti shalat yang ia tinggalkan, akupun menanyainya perihal perubahannya tersebut, ia menjawab " sekaranga adalah bulan yang penuh dengan pertaubatan, rahmat serta berkah, semoga Allah mengampuni dosa-dosaku dengan keutamaan bulan ini ", beberapa waktu kemudian ia meninggal dunia dan aku melihatnya dalam mimpiku, lalu ku tanya ia " apa yang Allah lakukan padamu ?", ia menjawab " Dia mengampuniku karena keutamaan Ramadhan " semoga Allah engampuni kita semua dan seluruh kaum muslimi

Diambil dan diterjemahkan dari Kitab " Irsyad El-'Ibad " Karya Syaikh Zaynuddin El-Maliybariy

Related Post



Post a Comment