Powered by Blogger.

UM Juara Umum MTQMN XIII Padang

Posted by Islamic And Arabic Center

UM Juara Umum MTQMN XIII Padang

keren banget !!!
untuk pertama kalinya, Jawa Timur meraih Juara Umum MTQMN, suatu kehormatan bagi Universitas Negeri Malang (UM) untuk mewakili serta mengharumkan Provinsi Jawa Timur di kancah nasional. Acara ini dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Moh. Nuh, dan ditutup oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Musliar Kasim di Gelanggang Olah Raga Haji Agus Salim Padang.




Dari Jawa Timur sendiri sebenarnya cukup banyak perwakilan selain Universitas Negeri Malang (UM) diantaranya Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dll.

Dari 1.416 peserta dari berbagai 126 Perguruan Tinggi di Indonesia, UM unggul dalam 4 cabang lomba yang meraih gelar juara dan 3 cabang lomba dengan gelar harapan dari 12 cabang MTQMN ke-XII secara keseluruhan, dianataranya cabang Tilawah Al-Quran, Karya Tulis Ilmiah Al-Quran, Debat Ilmiah Kandungan Al-Quran dalam Bahasa Inggris, Debat Ilmiah Kandungan Al-Quran dalam Bahasa Arab. dari keempat gelar juara inilah UM mendapat 16 poin dan keluar sebagai JUARA UMUM pada MTQMN ke-XIII ini.

Sementara posisi kedua ditempati Oleh Universitas Sumatera Utara (USU) dengan 15 poin, yang kemudian disusul oleh tuan rumah Universitas negeri Padang (UNP) dengan 11 poin berdasarkan hasil perlombaan yang langsung dibacakan oleh ketua dewan hakim sekaligus mantan Menteri Agama .Said Agil Munawwar.

Berikutnya Peringkat keempat diperoleh oleh Universitas Muslim Indonesia dengan 11 poin, peringkat lima Universitas Syiahkuala Aceh dengan 11 poin dan pada peringkat enam Universitas Negeri Medan dengan sembilan poin. peringkat delapan diraih oleh Universitas Riau dengan lima poin, peringkat sembilan Universitas Patimura dengan lima poin dan peringkat 10 ditempati oleh Universitas Tanjung Pura dengan lima poin.

Kemudian 3 cabang yang meraih gelar harapan antara laian, tartil putra, kaligrafi putra dan fahmil quran UM sendiri tidak mendelegasikan peserta penuh, hanya 19 kontingen saja yang disiapkan untuk mengkuti MTQMN kali ini dengan 10 cabang lomba dari 12 cabang perlombaan, anatara lain :
  1. Tilawah Al-Quran Putra/putri (Fathur rasyid/Rafi'atul Muna)
  2. Tartil putra/putri (Iqlimah Husniah/Ach. Jaelani)
  3. Qiraah Sab'ah (Haikalus Shamadani)
  4. Hifdz 2 Juz (Fitri Anisah)
  5. Karya Tulis Ilmiah Al-Quran (Asri Diana)
  6. Fahm Al-Quran ber-regu(Fery Fauzi, M. Rizalul Furqan,Ach. Faishal)
  7. Debat Ilmiah kandungan Al-Quran dalam Bahasa Arab (Diki Dharma & Syams Riyadi)
  8. Debat Ilmiah kandungan Al-Quran dalam Bahasa Inggris (Uyun N & Avida M)
  9. Syarh Al-Quran (Nadia cabang, Dewi M. Muiz & Nida Dz.)
  10. Kaligrafi putra putri (Ach Syahrul Munir & Munadhzifah) 

Related Post



Post a Comment