Powered by Blogger.

Karir yang Ideal

Posted by Islamic And Arabic Center

إن الله يحب إذا عمل أحدكم عملا أن يتقنه
( Allah menyukai kalian untuk bersikap profesional dalam apa yang kalian kerjakan )

Berangkat dari Hadits Manusia yang paling agung di atas, kita sebagai orang yang berakal mestilah paham dengan maksud baginda Nabi Saw. Islam, agama agung yang dibawa oleh beliau membawa misi universal bagi kemaslahatan dan kebahagian umat manusia, tidak terkecuali dalam beramal dan berkarir, Islam mengajarkan kita melalui hadits pembawa risalah Islam itu sendiri untuk bersikap profesional, fokus dan konsisten pada apa yang kita kerjakan, semua yang kita kerjakan adalah tanggung jawab yang dipercayakan pada kita, seorang pejabat pemerintah adalah abdi negara dan rakyat, diberi tugas untuk menjalankan kewajibannya terhadap negara dan rakyatnya, bukan untuk menjadi seorang pengusaha.

Benar, seorang pejabat yang baik di zaman ini dalam berusaha memang dengan usaha yang halal (sebagian kecil) tanpa mengandalkan pangkatnya sebagai pemerintah, tapi justru ketidakprofesinalan dan ketidak konsistenannya pada ke"pejabat"annya tersebut, kadang malah membuat pejabat tersebut lebih mementingkan usahanya dibanding dengan tugasnya sebagai abdi negara dan rakyat. nah, apalagi jika usahanya juga haram, dengan modal uang rakyat dan jalan yang ia buat dengan mengatasnamakan ke"pejabat"annya tersebut.

tidak hanya pejabat, semua jenis profesi juga mensyaratkan adanya kekonsistenan dan profesionalitas untuk mencapai pribadi yang berkualitas dan masyarakat yang sejahtera. bayangkan jika semua orang konsisten terhadap tugas dalam karirnya, seorang polisi dan aparat hukum lainnya termasuk juga jaksa dan hakim konsisiten dalam menegakkan hukum tanpa pandang buluh, tak ada suap menyuap, betapa indah dan cantiknya hukum negeri ini?

begitu juga seorang pedagang dan pelaku aktivitas perekonomian jujur serta konsisten, tak ada lagi tipu menipu, bersaing dengan sehat, alangkah makmurnya negeri ini, wow amazing ....

bagi kita yang berstatus pelajar, Allah SWT juga mengharapkan kita bersikap profesional dalam menuntut ilmu, gak cuma tebar pesona,........, bayangkan, betapa berkualitasnya pelajar kita, jika pelajar kita fokus pada apa yang dipelajari, tidak mustahil para inovator, penggerak, dan pencetus ilmu serta penem-penemu baru akan bertebaran di negeri ini, gak cuma ngekor dibelakang para cendikiawan negeri lain dan buku-buku mereka.

disamping juga pelajar adalah tunas bangsa yang diharap mampu menggantikan harapan bangsa yang gugur bersama dengan cendikiawan senior, kita diharap mengisi sisi politik, ekonomi, budaya dan pendidikan negeri ini, serta konsisten pada tiap bidang yang akan kita geluti nantinya.

Allah SWT mengajarkan keprofesionalan dalam kehidupan kita hanya demi kebaikan dan kesejahteraan hamba-Nya yang Dia kasihi, karena Dia-lah Sang Maha Pengasih dan Penyayang,solusi dari kehidupan yang sejati.

Allahumm, barik 'alayna wa lana wa fina, wa waffiqna li-lkhairi wa filkhair, bi rahmatika wa qudratik

Related Post



Post a Comment