Mahram dalam Islam
Hukum pertama
Macam-macam mahram menurut alquran
Mahram adalah sekelompok orang yang diharamkan untuk dinikahi.
Alquran menjelaskan bahwa mahram dalam alquran terbagi dalam tiga bentuk mahram, diantaranya:
Macam-macam mahram menurut alquran
Mahram adalah sekelompok orang yang diharamkan untuk dinikahi.
Alquran menjelaskan bahwa mahram dalam alquran terbagi dalam tiga bentuk mahram, diantaranya:
1. Mahram nasab atau kandung
Mahram nasab terbagi lagi menjadi tujuh golongan, yaitu,orang tua(ayah ibu, kakek nenek dst), keturunan(anak, cucu cicit, dst), saudara (baik kandung, atau saudara seayah atau seibu), paman dan bibi dari jalur ayah dan ibu( baaik keduanya adalah saudara kandung ibu/ayah, ataupun saudara seibu atau seayah), serta keponakan (anak dari saudara yang masih ada ikatan darah).
Mahram jenis Ini, akan tetap mennjadi mahram selamanya.
2. Mahram ridha’
Mahram yang terjadi akibat susuan, yang mempunyai hukum mahram persis seperti mahram nasab, mengingat orang yang menyusui di anggap seperti ibu kandung, jadi mahram akibat susuan dari ibu susu ini hukumnya berlaku sama persis aepperti mahram nasab, seperti yang Nabi saw tegaskan
يحرم من الرضاعة ما يحرم من النسب
3. Mahram mushaharah
Mahram yang terjadi akibat pertalian pernikahan, diantaranya adalah, orang tua tiri, menantu, mertua, dan anak tiri jika ibunya sudah digauli, namun jika belum di gauli, maka anak tiri belumlah menjadi mahram.
.
Maharam sementara
Selain ketiga jenis mahram diatas, ada satu lagi jenis mahram, yang berlaku untuk sementara, contohnya adalah sebagai berikut:
1. seseorang yang menikahi seorang gadis maka diharamkan menikahi bibinya, namun jika seseorang sudah menceraikannya, maka keharaman itu batal, dan ia boleh menikahi bibi si gadis, adapun penghaaraman ini bertujuan untuk mencegah putusnya silatur-rahmi mengingat hadits yang yang berasal dari ibnu abbas,
« إنكم إذا فعلتم ذلك قطّعتم أرحامكم »
2. isteri orang atau wanita yang masih dalam iddah, pengharaman ini bertujuan untuk menjaga dan menghormati hak dan kehormatan si suami.
Hukum kedua
Menggauli mertua atau menantu dapatkah merusak pernikahan?
Hukum kedua
Menggauli mertua atau menantu dapatkah merusak pernikahan?
Menggauli menantu atau mertua menurut abu hanifah akan menyebabkan haramnya pernikahan seperti yang pernah ats-tsauri, al auza’iy, dan qatadah kemukakan, sedangkan syafiiy bertolak belakang dengan abu hanifah, beliau tidak mengharamkan hal in I seperti yang beliau ungkapakan dalam kitabnya “ AL-UMM “ , karena memang perkara haram tidak bias mengharamkan perkara halal, pendapat in I juga merupakan pendapat dari maadzhab maliki, allaits, dan az-zuhry.
وسبب الخلاف هو اختلافهم في لفظ النكاح هل هو حقيقة في الوطء أم في العقد؟ فمن قال : إن المراد به في الآية الوطء حرّم من وطئت ولو بزنى ، ون قال : إن المراد به العقد لم يحرم الزنى .
فالحنفية رجحوا أن يكون المراد بالنكاح الوطء ، وقالوا : إن النكاح في الوطء حقيقة ، وفي العقد مجاز ، والحمل على الحقيقة أولى حتى يقوم الدليل على المجاز ، وإذا كان المراد به الوطء فلا فرق بين الوطء الحلال ، والوطء الحرام .
والشافعية رجحوا أن يكون المراد بالنكاح العقد ، وقالوا : مما يدل له من جهة النظر أن الله جعل الحرمة للمصاهرة تكريماً لها ، كما جعل الحرمة من النسب تكريماً للنسب ، فكيف تجعل هذه الحرمة للزنى وهو فاحشة ومقت؟!
قال الشافعي في « الأم » : « فإن زنى بامرأة أبيه ، أو أم امرأته فقد عصى الله ولا تحرم عليه امرأته ولا على أبيه ولا على ابنه ، لأن الله إنما حرّم بحرمة الحلال تعزيزاً لحلاله ، وزيادة في نعمته بما أباح منه ، وأثبت به الحرم التي لم تكن قبله وأوجب بها الحقوق ، والحرام خلاف الحلال » .
الترجيح : ولعل ما ذهب إليه الشافعية يكون أرجح لقوة دليلهم فقد روى عكرمة عن ابن عباس في الرجل يزنى بأم امرأته بعدما يدخل بها فقال : تخطّى حرمتين ولم تحرم عليه امرأته ، وروي أنه قال : لا يحرم الحرام الحلال .
فالحنفية رجحوا أن يكون المراد بالنكاح الوطء ، وقالوا : إن النكاح في الوطء حقيقة ، وفي العقد مجاز ، والحمل على الحقيقة أولى حتى يقوم الدليل على المجاز ، وإذا كان المراد به الوطء فلا فرق بين الوطء الحلال ، والوطء الحرام .
والشافعية رجحوا أن يكون المراد بالنكاح العقد ، وقالوا : مما يدل له من جهة النظر أن الله جعل الحرمة للمصاهرة تكريماً لها ، كما جعل الحرمة من النسب تكريماً للنسب ، فكيف تجعل هذه الحرمة للزنى وهو فاحشة ومقت؟!
قال الشافعي في « الأم » : « فإن زنى بامرأة أبيه ، أو أم امرأته فقد عصى الله ولا تحرم عليه امرأته ولا على أبيه ولا على ابنه ، لأن الله إنما حرّم بحرمة الحلال تعزيزاً لحلاله ، وزيادة في نعمته بما أباح منه ، وأثبت به الحرم التي لم تكن قبله وأوجب بها الحقوق ، والحرام خلاف الحلال » .
الترجيح : ولعل ما ذهب إليه الشافعية يكون أرجح لقوة دليلهم فقد روى عكرمة عن ابن عباس في الرجل يزنى بأم امرأته بعدما يدخل بها فقال : تخطّى حرمتين ولم تحرم عليه امرأته ، وروي أنه قال : لا يحرم الحرام الحلال .
Post a Comment