Powered by Blogger.

Perkembangan Penulisan Al-Quran

Posted by Islamic And Arabic Center

Perkembangan Penulisan Al-Quran



تطور كتابة المصحف الشريف وطباعته, الشيخ صالح بن عبد العزيز, وزير الشؤون الإسلامية والأوقاف والدعوة والإرشاد

1.    Pada zaman Rasul Mushaf ditulis pada media yang memungkinkan untuk ditulisi, seperti batu dll
2.    setelah berakhirnya masa kenabian dan khulafaurrasyidin, berbagai upaya pengembangan dilakukan terutama dari segi gaya penulisan, penghiasan dan perindahan, serta pemberian syakal dan titik hurufnya, termasuk juga penulisan Al-quran dalam berbagai jenis tulisan, namun hingga abad kelima hijriah, jenis tulisan yang mendominasi adalah gaya kufi, kemudian tsulutsi pada abad ke sembilan, dan dilanjutkan dengan gaya naskhiy hingga sekarang.
3.    Kemudian, kaum muslimin dikagetkan dengan bermunculannya pencetakan Al-Quran di Eropa yang dinilai sangat membahayakan dikarenakan terdapat banyak kesalahan dan penyelewengan dari kaidah penulisan.
4.    Pada tahun 1308 H, Mushaf yang ditulis oleh syaikh Abu 'aid ridhwan dicetak  oleh penerbit المطبعة البهية di Kairo.
5.    Pada Tahun 1949 M/1329 H, Penerbit شركة مصحف مكة المكرمة  , Di Makkah, Arab Saudi, menerbitkan mushaf dengan judul مصحف مكة المكرمة
6.    Pada tahun 1979M/1399 H,  Mushaf baru dicetak dan diterbitkan oleh في مطابع الروضة di Jeddah, Arab Saudi.
7.    Sampai sekarang kerajaan saudi pantas untuk diacungi jempol atas kekonsistenannya dan sumbangsihnya dalam pengembangan mushaf.


المراجعة : مباحث في علوم القرآن, مناع القطان, مكتبة المعارف للنشر والتوزيع
1.    Riwayat dari ali zainal abidin bahwa Ali bin abi thalib r.a berkata: dulu mushhaf-mushhaf ditulis bergiliran yakni dengan cara seseorang membawa lembaran pada saat khuthbah dilaksanakan dan menulisnya mulai dari awal surat al-baqarah, begitu seterusnya hingga penulisan selesai secara keseluruhan.
2.    Di masa awal islam hingga abad kelima, mushaf ditulis dengan mengunakan khat kuffiy, kemudian berkembang menjadi khat tsulus hingga periode ke-8/9, Kemudian Khat Naskhiy hingga sekarang.
3.    Penerbit pertama muncul di Jerman pada tahun 1431 M.
4.    Mushaf Arab yang dicetak mesin untuk pertama kalinya diterbitkan di Hamburg, Jerman tahun 1113 H.
5.    Pada tahun 1516 M, Mushaf juga dicetak di Venessia, Itali.
6.    Untuk pertama kalinya, Pprcetakan masuk ke Turki pada zaman kekuasaan sultan Ahmad ke-3
7.    Setelah tahun 1141 M terbit buku-buku berbahasa Arab, Turki dan Persi diterbitkan, kemudian diberlakukan pula kebijakan untuk mencetak buku-buku islami dan al-Quran.
8.    Percetakan Qazhiya termasuk dalam jajaran percetakan tertua di Lebanon.
9.    Percetakan pertama kali masuk ke Mesir Dibawa oleh Napoleon Bonaparte pada tahun 1798 M.
10.    Sementara di Makkah, Saudi Arabia, Percetakan pertama kali ditemukan di Percetakan Amiriyah yang sekarang lebih dikenal dengan percetakan Umm Al-Quraa.

Related Post



Post a Comment