Powered by Blogger.

Menulis Arab dengan Bantuan Arabic Pad

Posted by Islamic And Arabic Center

Assalamu 'Alaikum !!!

Bagi kita orang Indonesia, mengetik huruf arab mungkin suatu kendala menyebalkan, karena Tulisan huruf pada Keyboard hanya membantu kita mengetik huruf latin, bukan huruf arab. dalam windows Sendiri sebenarnya ada aplikasi yang disebut On-Screen keybord, yang dapat membantu kita dalam mengetik jenis aksara huruf yang tidak kita hafal kuncinya di keyboard. tapi hal itu sangat merepotkan, karena harus pake bantuan mouse, touchpad, atau harus mengahafal terlebih dahulu tata letak kunci keyboar yang dimaksud.

Bagi temen-temen, yang biasanya menulis arab, namun tidak hafal kunci keyboardnya, Arabic Pad ini mungkin akan sangat membantu, karena sangat mudah di gunakan. tidak perlu lagi mengahfal keybord, karena penggunaannya sederhana, tapi sebelumnya, pastikan bahwa komputer anda sudah mendukung penulisan arab, untuk settingnya, silakan ikuti tutorial cara setting penulisan arab :

Untuk menuliskan kata Qabrun ( قبر ), temen-temen harusnya menghafal huruf arab Qaf (ق) harusnya dan normalnyaada di kunci huruf R, sedangkan Huruf Ba' (ب) ada pada kunci F, dan Ra' (ر) ada di kunci V, mungkin akan sangat menyulitkan bagi kita yang tidak hafal letak kunci huruf arab, namu  dengan Arabic Pad ini, temen-temen cukup mngetikkan konsonan huruf latin yang sesuai dengan huruf arab.

Mislanya untuk menulis kata yang sama, yaitu قبر atau Qabrun, temen-temen cukup menekan tombol Q untuk Qaf, dan B untuk Ba' dan R untuk Ra', maka dengan sendirinya akan tertulis kata Qabrun.

begitu juga untuk Kaf cukup dengan K, Ta' dengan T, Dal dengan D, dan begitu seterusnya sesuai konsonan yang berbunyi sama.

seperti contoh screen shoot berikut :


untuk menulis Huruf Mim, cukup dengan menekan huruf " M ". saja, cukup jelas dan gampang kan ??
ok, langsung saja
Arabic Pad

Selamat Mencoba !!!

Related Post



Ramdhani AR said...

assalamu 'alaikum
software arabic pad nya sangat membantu sekali untuk penulisan teks yg berbahasa arab seperti hadits atau doa-doa
jazakallah khairan katsira
semoga sharing ilmunya diberkahi Allah Swt

wassalam
asep ramdani
hhtp://sepdhani.wordpress.com

Unknown said...

Wa 'alaikumus salam !!

Allahu Yajziyna wa iyyakum !!

Post a Comment